Berikut ini merupaka intisari tulisan Jeff Kauflin, staff Forbes, yang mewawancarai Monica Desai Weis (dari Kleiner Perkins) seorang investor dan pelaku bisnis di Amerika.

Ada beberapa tema besar. Pertama layanan keuangan memperhatikan startup fintech dan beberapa bagian industri fintech semakin matang. Ada beberapa merger dan akuisisi di sekitar pemroses pembayaran. Ada juga perhitungan besar tentang biaya perdagangan. Schwab, TD Ameritrade dan Etrade semua menurunkan biaya perdagangan mereka menjadi $ 0, sesuai dengan Robinhood dan Square. Ini semua membantah anggapan bahwa beberapa fintech memiliki langit-langit.

Kedua, semua orang menjadi bank. Teknologi besar membuat kehadirannya dikenal, dengan setiap perusahaan teknologi berusaha menjadi bank dan setiap bank berusaha masuk ke teknologi. Apple, Google dan Facebook semuanya memasuki layanan keuangan, atau setidaknya mengumumkan entri mereka. Startup Fintech, Acorns, Betterment, dan Dave meluncurkan rekening giro. Uber dan Lyft menambahkan fitur perbankan. Ada kejenuhan yang sangat besar dalam layanan perbankan.

Ketiga, blockchain membuat terobosan dalam perusahaan besar. Fidelity meluncurkan layanan penjagaan crypto. Untuk libra mata uang digital baru Facebook, banyak perusahaan besar datang ke meja, terlepas dari di mana mereka mengakhiri tahun ini. JP Morgan menciptakan koin digital [untuk mempercepat pembayaran]. Bison Trails, sebuah startup yang baru-baru ini kami investasikan, membantu perusahaan membangun blockchains. Pikirkan apa yang dilakukan Amazon Web Services untuk komputasi awan tahun lalu. Bison Trails sedang berusaha melakukan itu untuk blockchain, sehingga setiap pengembang aplikasi atau perusahaan yang ingin membuat akses ke blockchain dapat melakukan ini dengan mudah tanpa perlu menyewa tim blockchain.

Kesimpulan hasil wawancara dari Monica Deai Weiss di atas bisa disimpulkan ada tiga issue yang terjadi selama 2019 dan masih akan berlangsung di 2020 yaitu,

1. financial services

2. setiap orang atau perusahaan bisa menjadi bank,

3. block chain.

Ketiga issue tersebut menurut Monica yang akan menjadi topic hangat di tahun 2020.

Referensi/Sumber:

https://www.forbes.com/sites/jeffkauflin/2019/12/26/five-fintech-predictions-for-2020-according-to-kleiner-perkins/#45773f1c3d5a

 

TR

Image Source: Google Image