Bagaimana Cara Meningkatkan Kualitas Produk

Ada banyak cara untuk meningkatkan kualitas produk perusahaan. Seperti yang dijelaskan oleh Dreww Grenblatt (2019). Dia menjelaskan bahwa ada lima trik atau cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas produk perusahaan, yaitu:

  1. Mengukur dan Mengukur Lebih Banyak

Dua indikator kinerja utama (KPI) yang harus Anda terapkan hari ini adalah pelolosan kualitas dan kualitas yang ditangkap. Tentukan kesalahan kualitas bucket mana yang termasuk. Ember pertama terdiri dari kesalahan yang secara internal “ditangkap” oleh tim Anda sehingga klien tidak pernah menyadarinya. Kesalahan kualitas yang ditangkap tidak seburuk karena klien tidak pernah tahu – mungkin mereka mengalami keterlambatan pengiriman, tetapi hanya itu. Klien Anda tidak terluka oleh tersandung.

Intinya produk yang tidak layak tidak boleh lolos ke tangan pelanggan.

  1. Fokus pada Proses, Bukan Orang

Setiap karyawan datang bekerja untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Dalam kebanyakan kasus, cacat adalah proses, bukan orang yang Anda percayai. Ingat itu, dan perbaiki dengan menambahkan langkah proses atau pemeriksaan baru ke sistem. Jangan membuatnya menjadi permainan “siapa yang mengacaukan ini?” Itu akan mengempiskan tim. Semua orang akan gemetar ketakutan dan mengarahkan jari tanpa sampai ke akar penyebabnya.

  1. Rapat Mingguan

Awalnya pertemuan akan lama dan membosankan. Anda perlu berdiskusi dengan semua pemain, setiap masalah kualitas yang terjadi, dan sampai ke akar permasalahan. Seiring waktu – waktu yang lebih sedikit dari yang Anda pikirkan – rapat akan semakin pendek, karena proses diperkuat dan sistem menjadi lebih kuat. Keyakinan akan terbangun saat orang melihat sistem menangkap kesalahan dan menghilangkan mulas.

  1. Buat Bagan Kualitas

Urutkan masalah kualitas terbesar berdasarkan kategori dan fokus pada masalah besar. Kerjakan sampai mereka menjadi masalah kecil. Jangan terlalu fokus pada masalah kualitas yang tidak biasa; menghabiskan waktu Anda di tempat-tempat dengan masalah yang paling sering.

  1. Jadikan Publik

Tempatkan hasil kualitas Anda di ruang makan siang Anda. Semua orang harus melihat ini adalah penekanan perusahaan dan Anda ingin meningkatkan secara transparan. Pengingat harian yang terlihat akan menunjukkan komitmen Anda terhadap kualitas kepada orang-orang yang memengaruhi setiap hari: tim Anda.

Demikian tips dari Dreww Grembelt untuk meningktkan kualitas produk agar perusahaan bisa terus bersaing.

 

Referensi/Sumber:

https://www.inc.com/drew-greenblatt/5-steps-to-improve-quality.html

 

TR