Tata Kelola Perusahaan di Negara-Negara Berkembang

Jika anda ingin melakukan penelitian terkait tata kelola di negara berkembang, jangan sampai lupa untuk membaca artikel yang ditulis oleh Claessens dan Yurtoglu di tahun 2013 ini. Artikel ini mengupas secara komprehensif apa-apa saja yang telah dipelajari dan ditemukan oleh penelitian-penelitian terdahulu mengenai bagaimana tata kelola perusahaan di negara-negara berkembang yang mempunyai karakteristik unik yang tidak dimiliki oleh negara-negara maju. Jadi, peneliti tata kelola yang mengambil seting negara berkembang harus menyadari dan memperhatikan keunikan-keunikannya untuk dielaborasi dalam penelitiannya.

Artikel ini diawali dengan menggarisbawahi apa yang dimaksud dengan tata kelola perusahaan. Kemudian, bagaimana tata kelola perusahaan dapat berbeda antar negara, yaitu dikarenakan perbedaan ekonomi dan lingkungan keuangannya, perbedaan lingkungan institusi yang membentuknya, perbedaan dalam struktur kepemilikannya, dan perbedaan dalam afiliasi grup  dan institusional investornya. Selanjutnya dari berbagai literatur yang ditelaah, peneliti mengklasifikasikan bagaimana dan lewat jalur mana tata kelola perusahaan memberikan manfaat bagi perusahaan. Dalam literatur yang ditelaah ditemukan bahwa manfaat dari tata kelola yang baik adalah kemudahan akses pada modal keuangan, nilai perusahaan yang tinggi dan kinerja operasional yang meningkat,  harga saham yang kurang berfluktuasi, pasar keuangan yang berkembang baik dan investasi lintas batas yang meningkat, serta terjalinnya hubungan yang baik dengan pemegang kepentingan yang lain. Bagian terakhir dari artikel ini membahas mengenai bagaimana reformasi tata kelola perusahaan terjadi dan dampak atas reformasi tersebut. Topik ini meliputi reformasi hukum, aturan-aturan tata kelola dan konvergensi dengan aturan tata kelola internasional, peran perusahaan yang secara suka rela melakukan tata kelola perusahaan yang baik, dewan direksi, perusahaan terdaftar di lintas batas, mekanisme lain, dan peran politik dalam penciptaan tata kelola perusahaan.

Ingin tahu lebih dalam? Silakan gali lebih jauh dalam artikel berikut

Claessens, S., & Yurtoglu, B. B. (2013). Corporate governance in emerging markets: A survey. Emerging markets review15, 1-33.

#accountingresearchcorner #corporategovernance #emergingmarket

HK

Image Source: Google Image