Untuk lebih memahami apa itu agile auditing, ada baiknya jika kita melihat contoh tim audit internal yang menggunakan metodologi agile audit. Salah satu contoh agile audit melibatkan penempatan sekelompok auditor internal pada tanggung jawab audit yang sangat spesifik, seperti berkoordinasi dengan kepatuhan, untuk kemudian terus memperbarui bagian kepatuhan dalam presentasi audit kepada komite audit. Aspek agile audit ini – memiliki tim kecil dan fokus – dapat membantu meningkatkan produktivitas.

Contoh lain dari agile audit adalah melakukan check-in bulanan dengan manajemen untuk mendiskusikan risiko bisnis. Dengan cara ini, auditor internal dapat memperbarui rencana audit dan jadwal manajemen proyek secara lebih teratur untuk mencerminkan prioritas manajemen risiko saat ini, dibandingkan terpaku pada apa yang telah ditetapkan pada awal tahun.

Apa cara terbaik untuk memulai agile audit? Karena metodologi agile audit melibatkan cara kerja yang baru, pemimpin audit harus terlebih dahulu dapat menentukan apa tujuan agile audit sehingga mereka dapat melibatkan anggota tim lainnya. Lihat apakah Anda dapat mengidentifikasi masalah dengan metodologi audit tradisional Anda yang dapat dibantu dengan proses agile (Muir, 2020).

Selain itu, perlu diingat juga relevansi tata kelola yang tangkas dan keberhasilan audit. Apa itu tata kelola yang agile?

Istilah tata kelola Agile mengacu pada bagaimana organisasi mengawasi, memantau, dan memandu proyeknya. Hal ini dapat diterapkan pada satu proyek agile, namun lebih sering menggambarkan kerangka tata kelola untuk seluruh portofolio proyek agile suatu organisasi (Christ et al., 2021).

Jadi, jika Anda ingin menerapkan metodologi agile audit yang sukses, penting untuk memiliki kerangka tata kelola yang kuat mengenai bagaimana Anda akan menggunakan agile untuk mengembangkan rencana audit Anda, daripada mencoba agile secara ad-hoc dan tidak konsisten. Menggunakan alat manajemen proyek khusus audit dapat membantu tim audit internal menstandarkan dan mengelola metodologi agile audit.

 

References

Christ, M. H., Eulerich, M., Krane, R., & Wood, D. A. (2021). New Frontiers for Internal Audit Research. Accounting Perspectives, 20(4), 449–475. https://doi.org/10.1111/1911-3838.12272

Muir, J. P. (2020). Agile is a Journey, not a Destination for Internal Audit. Journal of Cost Management, January 2020.

 

BLH

Image Source: Google Images