Pada tanggal 27 November 2019, Binus University bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Perpajakan SubDirektorat Dampak Kebijakan mengadakan kegiatan Taxplanation tema Aspek Perpajakan dalam Ekonomi Digital. Kegiatan ini diadakan di Recreation Room Binus University sebagai peserta yaitu mahasiswa S1 dan S2 dari berbagai jurusan sedangkan dari moderator dan  panelis dari Pihak DJP pejabat eselon III dan IV , Peneliti BKF , Peneliti Perpajakan (Prospera dan JICA). Ketua Tax Center yaitu Ibu Levana Dhia Prawati dan beberapa dosen Perpajakan menghadiri kegiatan tersebut.

Taxplanation ini merupakan inisiatif dari Pihak DJP khususnya  SubDirektorat Dampak Kebijakan. Latar belakang dilaksanakan Taxplanation yaitu  Subdit Dampak Kebijakan, Direktorat Potensi, Kepatuhan dan Penerimaan sebagai unit instansi yang mempunyai core business untuk melakukan riset perpajakan di internal DJP berinisiatif untuk menapakkan langkah awal dalam mempopulerkan budaya riset dengan menyelenggarakan sebuah forum diskusi tentang isu perpajakan terkini. Forum ini juga merupakan perwujudan fase ketiga dalam lingkup penelitian kebijakan (knowledge producing, knowledge translating, dan knowledge networking). Forum ini diharapkan dapat menumbuhkan budaya knowledge sharing sehingga mampu menghubungkan pihak penyusun kebijakan, analis dampak kebijakan dan pihak lain yang terkait. Di samping itu, acara ini diharapkan dapat menggali ide dan pengayaan perspektif yang berasal dari pemangku kepentingan maupun perumus kebijakan lain, sehingga dapat menghasilkan kajian yang relevan dengan isu penting dan terkini serta rekomendasi yang bernilai tambah bagi pengguna dan pengambil keputusan.

Tujuan dilaksanakannya acara ini adalah untuk menyediakan ruang  diskusi perpajakan dalam rangka mendukung budaya riset sebagai bagian dari perumusan kebijakan perpajakan yang andal dan menggali ide riset dari para pemangku kepentingan serta pihak lain yang terkait.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini bagi DJP dan Badan Kebijakan Fiskal (BKF), diskusi ini bermanfaat sebagai sarana untuk menggali ide dan masukan dari para pemangku kepentingan agar penelitian yang dihasilkan menjadi relevan dengan isu penting dan terkini serta mampu memberikan rekomendasi yang bernilai tambah bagi pengguna dan pengambil keputusan. Sedangkan bagi Mahasiswa dan Akademisi, kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pemahaman terkait aspek perpajakan khususnya dalam bidang ekonomi digital dan  menumbuhkan kesadaran dalam melaksanakan hak serta kewajiban perpajakan.

Foto 1. Peserta mahasiswa Binus, moderator, Panelis, Ketua Tax Center dan Dosen Pajak Binus University

Foto 2. Salah satu peserta memberikan masukan dan ide terkait dengan Kebijakan Pajak

Penyerahan plakat kepada BInus diterima oleh Ibu Lindawati, PhD selaku Head of Accounting Department

Penyerahan Sertifikat kepada Tax Center Binus diterima oleh Ibu Levana Dhia Prawati selaku Ketua Tax Center Binus.

LDP