Binus University sebagai perguruan tinggi yang terdepan dalam bidang Pendidikan, selalu mengedepankan kemampuan dan pengalaman bagi para mahasiswanya. Hal tersebut bertujuan agar ketika mahasiswa lulus telah memiliki bekal teori, praktik, dan pengalaman. Salah satu penerapan sistem pembelajaran tersebut, dalam keilmuan Auditing dibawah Prodi Akuntansi, menyelenggarakan acara Audit Simulation Binus Audittrust 2019. Audit simulation tersebut bertujuan untuk membekali mahasiswa dalam hal pengalaman melakukan praktik audit.

Dalam acara tersebut, Binus bekerjasama dengan Audittrust Indonesia, Kantor Akuntan Publik (KAP) berafiliasi International yang afiliasinya di Indonesia dipegang oleh KAP Jamaludin Ardi Sukimto (KAP JAS) dan rekan. Hadir dari Audittrust Indonesia, Bpk Kevin Muhammad Rizka, Bpk Rizki Damir Mustika, Bpk Wishnu Kameshwara Armand, Bpk Nocky Cahyadi Bahari, dan Bpk Zainal Hasan. Dari Bina Nusantara hadir Dekan Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Bpk Gatot Soepriyanto, Bpk Bambang Leo Handoko dan Bpk Tommy Andrian. Bertindak sebagai panitia dalam acara tersebut adalah HImpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMA) Binus. Ketua panitia Sdri Thirza Frigia Grace dibantu anggota HIMA mempersiapkan acara dengan sangat baik. Turut hadir dan memberikan kata sambutan, ketua umum HIMA Binus 2019 Sdr Muhammad Rais

Acara diadakan pada hari Selasa, tanggal 19 November 2019 bertempat di ruang M2CD Kampus Binus Syahdan, Kemanggisan Jakarta Barat. Format acara tersebut adalah kompetisi audit, dimana 10 team masing-masing beranggotakan 5 orang mahasiswa, bertanding untuk menjadi yang terbaik di bidang audit. Acara dibagi menjadi 2 sesi: sesi pertama audit simulation, disini rekan – rekan partner dan auditor dari Audittrust bertindak sebagai klien, sedangkan para peserta menjadi auditor. Audit simulation terdiri dari 5 pos, yaitu: revenue, property plan & equipment, expense, account receivable, dan liabilities. Para peserta berusaha mencari temuan/material misstatement dalam setiap pos tersebut. Pada sesi kedua para peserta mempresentasikan hasil temuan selama sesi pertama, di sesi kedua ini, rekan – rekan dari Audittrust bertindak sebagai juri.

Setelah selesai sesi kedua, acara ditutup dengan pengumuman best team, dari 10 kelompok yang bertanding dipilih 2 best team. Masing-masing mendapat hadiah dari Audittrust Indonesia. Seluruh peserta yang bertanding juga mendapat merchandise dari HIMA Binus. Diharapkan dengan adanya acara ini dapat meningkatkan skill dan knowledge mahasiswa dibidang audit, khususnya audit laporan keuangan, sekaligus menambah pengalaman dan praktik bagi mahasiswa di bidang audit.

BLH