Accounting

Accounting & Finance Assistant Training Ganjil 2019/2020

Accounting & Finance Assistant Laboratory kembali mengadakan program rutin setiap semesternya yaitu training bagi para Assistant Laboratory. Pelatihan ini menjadi sangat penting bagi para asisten untuk mempersiapkan mereka sebelum memulai pengajaran pada semester ganjil 2019/2020. Kegiatan training dimulai pada tanggal 18 Juli hingga 25 Juli 2019. Kegiatan training diisi baik dari tim dosen maupun asisten yang sudah berpengalaman di bidangnya. Adapun beberapa materi yang akan dibawakan dalam training kali ini:

  1. Train for Trainers & Teaching Skill for Tutor
  2. Introduction to Accounting
  3. Accounting Information System
  4. Lab Trading Simulation
  5. Cost & Managerial Accounting
  6. Taxation
  7. Audit

Pekan training dibuka dengan mendengarkan kata sambutan dari Agustinus Winoto, S.E. selaku Research, Training & Dev. Coordinator untuk Accounting & Finance Laboratory. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan selamat bergabung bagi para asisten baru. Tidak lupa juga beliau memberikan pesan jika training adalah hal awal yang penting bagi asisten sebelum memulai semester baru. Beliau juga memberikan masukan dan motivasi terutama kepada para asisten baru yang bergabung. Selain itu, beliau juga meminta para asisten baru untuk aktif berkomunikasi di dalam grup. Tidak perlu merasa canggung dengan senior untuk meminta bantuan.

Agustinus Winoto, S.E. sedang memberikan kata sambutan

Acara dilanjutkan dengan mendengarkan sesi motivasi dari Sonnia Christin dan Nisrina Salma, selaku senior di Accounting & Finance Assistant Laboratory. Mereka memberikan pesan kepada asisten agar selalu bersemangat dalam melakukan kegiatan asistensi. Tidak hanya itu, mereka juga banyak menceritakan banyak sekali manfaat dengan bergabung menjadi anggota asisten, mulai dari parkir gratis, koneksi dengan dosen maupun kakak kelas hingga mendapatkan pengetahuan materi yang sebenarnya belum mereka dapatkan sebelumnya di kelas.

Nisrina Salma memberikan motivasi kepada para asisten
Sonnia Christin memberikan motivasi kepada para asisten

Masuk ke acara inti yaitu training Introduction to Accounting (Theory) yang dibawakan oleh Archie Nathanael Mulyawan. Ia membawakan materi mengenai akuntansi dasar kepada para asisten. Mulai dari membuat jurnal penyesuaian hingga membentuk laporan arus kas. Pelatihan berlangsung selama dua jam dan diakhiri dengan mengerjakan soal secara berkelompok dengan tujuan untuk mengetahui materi lebih dalam dan saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya.

Archie Nathanael membawakan materi Introduction to Accounting

Acara siang disambung dengan pembawaan materi dari Edward Akil yang membawakan sedikit materi mengenai cara mengoperasikan system computer di lab. Dengan adanya system ini, para asisten dapat menyalakan semua computer di ruangan, mengambil data hingga mendistribusikan data kepada seluruh computer. Tidak hanya itu, juga dilakukan pengenalan terhadap Messier, system yang dikembangkan khusus bagi para asisten di BINUS University dengan tujuan untuk saling berkomunikasi dan penginputan nilai serta absen mahasiswa di kelas.

Edward Akil dan Jonathan Tanuwijaya membawakan materi di Laboratorium

Acara ketiga adalah training Introduction to Accounting (Lab) yang dibawakan oleh Jonathan Tanuwijaya. Ia membawakan materi mengenai Microsoft Excel dan MYOB. Kedua aplikasi ini sangat berguna untuk menunjang ilmu akuntansi, terutama secara praktek. Para asisten secara bergantian maju ke depan untuk menjawab pertanyaan yang diberikan.

Secara keseluruhan, acara training berjalan dengan lancar. Semua peserta tampak antusias dan semangat mengikuti training yang ada. Acara kemudian ditutup dengan sesi foto Bersama.

Foto bersama dengan seluruh peserta

AW