Hasil gambar untuk HANYA PUNYA KNOWLEDGE, SESMEN AJAK WISUDAWAN IKOPIN TAK BERPUAS DIRI

Jatinangor – Lulus dan meraih gelar sarjana, seorang mahasiswa baru memiliki knowledge, jadi masih harus ditambah dengan faktor pendukung lainnya sebab kesuksesan itu tidak hanya ditentukan oleh satu faktor saja, tetapi banyak. Dan semua faktor tersebut, harus saling melengkapi atau saling mendukung.

“Columbus penemu benua Amerika itu, bukan orang Indian tetapi orang Eropa. Itu karena Colombus beserta timnya selain  punya knowledge juga punya skill, network/jaringan,  opportunity/kesempatan atau peluang dan dia punya mental attitude yang tangguh, pantang menyerah serta dapat dipercaya,” kata Sekretaris Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Agus Muharram.

Agus mengatakan hal tersebut di atas saat memberikan sambutan di acara Sidang Terbuka Senat Institut Manajemen Koperasi Indonesia (Ikopin) dalam rangka Wisuda ke-43 2016 yang kegiatannya berlangsung di Gedung Serba Guna Ikopin, Jl Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (17/9/2016).

Dengan mengatakan pengalaman Colombus tersebut di atas, Agus mengajak para wisudawan dan wisudawati Ikopin untuk tidak berpuas diri hanya dengan mengandalkan faktor knowledge atau pengetahuan dari sekolah dan kuliah hingga lulus sarjana. Sebab, gelar sarjana bukanlah titik akhir utk mencapai kesuksesan, tapi awal pencapaian untuk terjun ke masyarakat, mengabdi dan mencapai kesuksesan.

“Jadi selain faktor knowledge tersebut, faktor penentu kesuksesan lainnya adalah skill, networking, pandai menciptakan peluang atau meraih peluang dan mempunyai sikap mental yang tangguh, pantang menyerah, bisa bekerja sama serta perilaku yang dapat dipercaya dan jangan lupa terus belajar dan berdoa,” tambah Agus.

Rektor Ikopin Burhanuddin Abdullah mengatakan Ikopin Sabtu ini mewisuda 315 orang wisudawan/wati, sekitar 30 persen para lulusan itu adalah penerima beasiswa. Enam orang adalah lulusan diploma III, 93 orang dari jenjang pendidikan strata I, dan 6 orang lainnya dari jenjang pendidikan strata II.

Dengan diwisudanya 315 mahasiswa kali ini, berarti jumlah mahasiswa lulusan Ikopin sudah mencapai 12.391 orang. Mereka tersebar di seluruh pelosok negeri, diberbagai lapangan kerja baik yang berkaitan langsung dengan menggerakkan dan mengembangkan koperasi, berwirausaha, PNS, akademisi, politisi, bahkan aparat militer.

“Banyak di antara para alumni yang telah mencatatkan keberhasilan. Kesuksesan mereka bahkan membuat kami terharu sekaligus bangga,” ungkapnya. Sebelum jadi rektor, Burhanuddin pernah menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI), dan Menteri Perekonomian.

Bandung 17 September 2016Humas Kemenkop dan UKM

http://www.depkop.go.id/read/hanya-punya-knowladge-sesmen-ajak-wisudawan-ikopin-tak-berpuas-diri

MA