People Innovation Excellence
 

AMANKAN HAK-HAK NEGARA, BEA CUKAI LAKUKAN PENINDAKAN ROKOK DAN MIRAS ILEGAL DI BERBAGAI DAERAH

Jakarta (17/12) – Bea Cukai kian gencar melakukan pengawasan terhadap peredaran rokok ilegal. Hal ini terlihat dari berbagai penindakan dan pemusnahan barang kena cukai tersebut pada kantor-kantor Bea Cukai di berbagai daerah. Dalam periode November hingga Desember 2018 saja terdapat beberapa rangkaian penindakan dan pemunshan barang-barang ilegal dari berbagai kantor Bea Cukai.

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga, R. Syarif Hidayat menyatakan bahwa penindakan dan pengawasan tersebut sejalan dengan tugas dan fungsi Bea Cukai. “Hal ini sejalan dengan tugas dan fungsi Bea Cukai selaku community protector di mana Bea Cukai bertugas untuk melindungi masyarakat dari peredaran barang-barang ilegal,” ungkap Syarif.

Pada hari Rabu (05/12) Kantor Wilayah Bea Cukai Sumatera Bagian Barat merilis hasil penindakan Operasi Gempur Periode II. Selama periode Operasi Gempur II Bea Cukai telah berhasil mengamankan 7.289.500 batang, 1.507 Liter minuman keras ilegal, 300 Kilogram Tembakau Iris, dan 11.335 mili liter cairan vape dengan total nilai barang keseluruhan penindakan sebesar Rp5.1 miliar dan total potensi kerugian negara sebesar Rp2.6 miliar.

Tidak ketinggalan Bea Cukai Lampung juga berhasil melakukan penindakan terhadap rokok ilegal pada akhir November 2018. Masih dalam rangkaian Operasi Gempur II, Bea Cukai Lampung berupaya untuk melakukan pengawasan di 3 tempat yaitu kantor pos, jalur perlintasan bus, dan pasar di daerah Pringsewu, Tanggamus serta Lampung Timur. dari Operasi kali ini, petugas Bea Cukai Lampung berhasil mengamankan 580 ribu batang rokok ilegal.

Rokok-rokok ilegal yang diperkirakan bernilai sekitar Rp414 juta tersebut berpotensi merugikan negara senilai sekitar Rp220 juta. Rokok-rokok yang ditemukan tersebut masuk ke dalam kategori rokok ilegal dan jelas merugikan negara karena tidak menggunakan pita cukai atau yang biasa dikenal dengan istilah rokok polos.

Selain itu Bea Cukai Kudus dan Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Tengah dan DIY berhasil menggagalkan pengiriman 712.000 batang rokok ilegal yang merupakan buah dari dua penindakan yang dilakukan petugas Bea Cukai pada 3 dan 4 Desember 2018. Dari penindakan ini perkiraan nilai barang ditaksir mencapai Rp509 juta dengan potensi kerugian negara yang berhasil diselamatkan mencapai lebih dari Rp336 juta.

Masih dalam rangkaian penindakan di bidang Cukai, Kantor Wilayah Bea Cukai Sumatera Utara melakukan pemusnahan terhadap 178.600 batang rokok ilegal senilai Rp154 juta. Dari pemusnahan ini Bea Cukai berhasil menyelamatkan potensi kerugian negara mencaapai Rp114 juta.

Bea Cukai Malang yang tercatat rajin melakukan penindakan juga tidak ketinggalan dalam kegiatan pengamanan cukai ini. Bea Cukai Malang berhasil mengamankan rokok dan miras ilegal. Sebanyak 4.200 bungkus atau sekitar 76.800 batang rokok dan 102 botol minuman keras ilegal pada hari Senin (03/12). Keesokan harinya, Selasa (04/12) Bea Cukai Malang kembali berhasil mengamankan miras ilegal dari sebuah toko yang terletak di Kecamatan Sukun, Kabupaten Malang.

sumber : http://www.beacukai.go.id/websitenewV2/berita/amankan-hak-hak-negara-bea-cukai-lakukan-penindakan-rokok-dan-miras-ilegal-di-berbagai-daerah.html


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close