People Innovation Excellence

BEI Catat Sejarah Lampaui 200 Ribu Investor Baru

PR No: 096/BEI.KOM/11-2018

22 November 2018

Jakarta – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali mencatatkan rekor dari sisi pertumbuhan jumlah investor saham dalam satu tahun. Jumlah investor baru saham di BEI di sepanjang 2018 telah tercatat sebanyak 200.935 single investor identification (SID).

Berdasarkan data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), per tanggal 19 November 2018, total jumlah investor saham di BEI telah mencapai 829.426 SID. Jumlah tersebut meningkat 31,97 persen dibandingkan dengan total capaian jumlah investor di akhir 2017 sebesar 628.491 SID.

“Jumlah investor baru saham di BEI ini adalah pertumbuhan yang tertinggi sejak 41 tahun diresmikannya kembali Pasar Modal Indonesia,” ujar Direktur Utama BEI Inarno Djajadi dalam acara Galeri Investasi BEI Award 2018 di Main Hall BEI, Kamis (22/11). Dengan demikian sampai saat ini telah tercatat total jumlah investor keseluruhan di pasar modal adalah sebanyak 1.567.869 SID.

Sampai dengan akhir Oktober 2018, rata-rata investor aktif per bulan juga meningkat menjadi 126.240 SID atau naik 27,8 persen dibandingkan rata-rata investor aktif per bulan di 2017 sebesar 98.718 SID. Jumlah investor aktif per bulan per 31 Oktober 2018 juga meningkat 114 persen jika dibandingkan rata-rata investor aktif per bulan di akhir 2015 silam yang jumlahnya baru mencapai 58.970 SID.

BEI juga mencatat bahwa pertumbuhan ini tidak hanya terpusat di pulau Jawa, tetapi makin meluas di luar pulau Jawa terutama Indonesia bagian Timur. Konsentrasi investor di pulau Jawa yang pada 3 tahun lalu mendekati 80 persen, turun signifikan menyentuh angka 73,7 persen pada Oktober 2018.

Dari sisi demografi, generasi muda terutama usia 18-25 tahun adalah yang tertinggi pertumbuhannya dalam 2 tahun terakhir, naik lebih dari 2 kali lipat dibanding pada akhir tahun 2016. Pencapaian membanggakan lain adalah pertumbuhan jumlah investor baru per bulan yang rata-rata melampaui 19.000 SID baru setiap bulannya.

BEI mengucapkan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang berkontribusi dalam capaian ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan The Indonesia Capital Market Institute (TICMI). Ucapan terima kasih juga diberikan kepada Anggota Bursa, Manajer Investasi, perguruan tinggi mitra galeri investasi, para dosen dan Kelompok Studi Pasar Modal, pengelola Galeri Investasi, komunitas investor, motivator investasi pasar modal, media massa dan pers, serta beberapa Perusahaan Tercatat yang telah mendorong karyawannya menjadi investor saham dan mengenal pasar modal lewat pelaksanaan Sekolah Pasar Modal

Pada kesempatan ini, BEI bersama KPEI, dan KSEI, yang didukung oleh OJK, juga memberikan penghargaan kepada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) sebagai Perusahaan Tercatat dengan penambahan investor karyawan tertinggi 2018. Sepanjang tahun ini, sekurang-kurangnya 35.000 karyawan BRI telah menjadi investor aktif di pasar modal Indonesia.

Sepanjang tahun ini BEI telah mengadakan 5.027 kegiatan edukasi dan sosialisasi pasar modal di seluruh Indonesia.

 Galeri Investasi BEI Awards 2018

Pada kesempatan yang sama, diadakan penghargaan Galeri Investasi BEI Awards 2018. Penghargaan yang sudah dilaksanakan sejak 2011 ini merupakan bentuk apresiasi atas peran dan dukungan Galeri Investasi BEI dalam memasyarakatkan pasar modal di kalangan akademisi maupun masyarakat umum.

Pada tahun ini BEI memberikan 5 kategori penghargaan Galeri Investasi Terbaik yakni Galeri Investasi BEI Terbaik Kategori Syariah, Pengembangan dan Inovasi Kegiatan, Nilai Transaksi, Aktivitas Edukasi dan Pemerataan Informasi, serta Penambahan Jumlah Rekening Efek. Sebanyak 15 dari total 410 Galeri Investasi BEI menerima penghargaan Galeri Investasi Awards ini.

Pada tahun ini BEI juga mengundang Perwakilan Galeri Investasi BEI di daerah yang baru saja terkena bencana yaitu Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah dan STIE AMM Mataram, Nusa Tenggara Barat untuk turut hadir dalam rangkaian acara Penghargaan GI BEI. Undangan secara khusus ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas komitmen dan keaktifan mereka dalam mendukung pengembangan pasar modal di daerahnya meskipun baru saja mengalami bencana alam.

Galeri Investasi merupakan transformasi baru dari Pojok Bursa yang sebelumnya telah ada, namun dengan konsep kerja sama yang berbeda dengan melibatkan 3 pihak yaitu BEI, Anggota Bursa (AB) dan Perguruan Tinggi. Pada tahun 2017 konsep pendirian Galeri Investasi BEI mengalami perubahan kembali dengan peningkatan hubungan kerja sama yang tidak hanya terbatas pada peguruan tinggi, namun juga institusi atau lembaga non kampus.

Hingga saat ini jumlah Galeri Investasi BEI terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan dari tahun ke tahun. Pertumbuhan jumlah Galeri Investasi BEI yang semakin banyak menunjukkan semakin baiknya perkembangan pasar modal Indonesia.

Sampai dengan November 2018 total telah ada 410 Galeri Investasi BEI di seluruh Indonesia, dengan penambahan 91 Galeri Investasi BEI baru di sepanjang tahun ini saja. Jika dibandingkan dengan 155 Galeri Investasi BEI pada tahun 2015, maka telah terdapat peningkatan sebesar 164,52 persen, dan apabila dibandingkan dengan 324 Galeri Investasi BEI di akhir tahun 2017, maka jumlah Galeri Investasi BEI telah bertambah 26,54 persen.

Peran Galeri Investasi di perguruan tinggi sebagai poin satelit BEI di daerah, menjadikan BEI hadir lebih dekat kepada civitas akademika pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Sehingga edukasi dan sosialisasi mengenai pasar modal dapat lebih mudah diterima dan dipahami.

Berikut adalah daftar pemenang penghargaan GI BEI 2018 dalam tiap kategori:

  1. GI BEI Terbaik Kategori Syariah:
NO PERGURUAN TINGGI ANGGOTA BURSA MITRA
1 IAIN Bengkulu PT FAC Sekuritas Indonesia
2 Universitas Muhammadiyah Pontianak PT MNC Sekuritas
3 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara PT Indo Premier Sekuritas
  1. GI BEI Terbaik Kategori Pengembangan & Inovasi Kegiatan:
NO PERGURUAN TINGGI ANGGOTA BURSA MITRA
1 STIE Kesatuan Bogor PT MNC Sekuritas
2 STIE Trisakti (Trisakti School Of Management) PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia
3 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta PT FAC Sekuritas Indonesia
  1. GI BEI Terbaik Kategori Nilai Transaksi:
NO PERGURUAN TINGGI ANGGOTA BURSA MITRA
1 Universitas Maranatha – Bandung PT Sinarmas Sekuritas
2 STIE Trisakti (Trisakti School Of Management) – JKT PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia
3 Universitas Ciputra – Surabaya PT Maybank Kim Eng Sekuritas
  1. GI BEI Terbaik Kategori Aktivitas Edukasi & Pemerataan Informasi:
NO PERGURUAN TINGGI ANGGOTA BURSA MITRA
1 Universitas Sam Ratulangi PT Phillip Sekuritas Indonesia
2 Universitas Maranatha – Bandung PT Sinarmas Sekuritas
3 STIM NITRO MAKASSAR PT MNC Sekuritas
  1. GI BEI Terbaik Kategori Penambahan Jumlah Rekening Efek:
NO PERGURUAN TINGGI ANGGOTA BURSA MITRA
1 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta PT FAC Sekuritas Indonesia
2 Universitas Muhammadiyah Pontianak PT MNC Sekuritas
3 Universitas Negeri Semarang PT Phintraco Sekuritas

Selain itu, BEI juga memberikan penghargaan kepada 3 AB Mitra Galeri Investasi BEI yang telah memberikan dukungan dan kontribusinya dalam pengembangan Galeri Investasi BEI di seluruh Indonesia. Berikut adalah daftar ketiga AB Mitra GI BEI tersebut:

NO ANGGOTA BURSA MITRA
1 PT MNC Sekuritas
2 PT Phintraco Sekuritas
3 PT FAC Sekuritas Indonesia

Demikian untuk diketahui publik.

 

DIVISI KOMUNIKASI PERUSAHAAN
PT BURSA EFEK INDONESIA

sumber : https://www.idx.co.id/berita/press-release-detail/?emitenCode=1002


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close