Pengakuan

Entitas mengklasifikasikan suatu aset tidak lancar sebagai dimiliki untuk dijual jika jumlah tercatatnya akan dipulihkan terutama melalui transaksi penjualan daripada melalui pemakaian berlanjut. Aset harus berada dalam keadaan segera dapat dijual dengan syarat-syarat yang biasa dan umum diperlukan dalam penjualan aset tersebut dan penjualannya harus sangat mungkin terjadi (highly probable).

Penjualan dikatakan sangat mungkin terjadi, jika:

  • Manajemen harus berkomitmen terhadap rencana penjualan aset dan aktif mencari pembeli dan menyelesaikan rencana tersebut.
  • Aset harus dipasarkan secara aktif pada harga yang pantas sesuai dengan nilai wajar kininya
  • Penjualan diperkirakan memenuhi ketentuan pengakuan sebagai penjualan dalam waktu satu tahun dari tanggal klasifikasi
  • Tidak mungkin terjadi perubahan signifikan atau pembatalan atas rencana

Pengukuran

Entitas mengukur aset tidak lancar yang diklasifikasikan sebagai dimiliki untuk dijual pada nilai yang lebih rendah antara jumlah tercatat dan nilai wajar setelah dikurangi biaya untuk menjual. Entitas mengukur aset tidak lancar yang diklasifikasikan sebagai dimiliki untuk didistribusikan kepada pemilik pada nilai yang lebih rendah antara jumlah tercatat dan nilai wajar setelah dikurangi biaya untuk mendistribusikan.

Entitas mengakui rugi penurunan nilai awal atau selanjutnya atas penurunan nilai aset ke nilai wajar dikurangi biaya untuk menjual. Entitas mengakui keuntungan atas peningkatan nilai wajar dikurangi biaya untuk menjual suatu aset, tetapi tidak boleh melebihi akumulasi rugi penurunan nilai yang telah diakui.

Entitas tidak boleh menyusutkan (atau mengamortisasi) aset tidak lancar yang diklasifikasikan sebagai dimiliki untuk dijual atau selama menjadi bagian dari kelompok lepasan yang diklasifikasikan sebagai tersedia untuk dijual.

Penghentian

Pada saat terjual (penghentian), selisih antara nilai tercatat kini dengan perolehan (proceed) diakui sebagai keuntungan/kerugian pelepasan aset. Keuntungan atau kerugian ini bukan merupakan penyesuaian atas penurunan nilai yang diakui sebelumnya.

Sumber: SAK Efektif per 1 Januari 2018

-SS-