Oleh Kartika Dewi (D4402)

Finance mempunyai arti kata yang luas, tetapi pada dasarnya adalah bagaimana mengalokasi dana. Alokasi dana antara pihak yang mempunyai kelebihan dana dan pihak yang membutuhkan dana.

Finance mempunyai kemiripan dengan Ekonomi. Dalam ekonomi kita mempelajari mengalokasi sumber daya yang terbatas sedangkan finance kita mempelajari bagaimana sumber daya yang terbatas itu dialokasikan. Kita bisa menganggap Finance sebagai ilmu terapan ekonomi. Contoh dari keputusan ekonomi yang diambil dalam ilmu finance adalah bagaimana mengkonversi sumber dana yang didapat dalam bentuk inventory, pembelian mesin produksi yang baru, menginvestasikan surplus dana ke short-term investment dsb.

Finance manager selalu membuat keputusan ekonomi. Bagaimana cara membuat keputusan ekonomi tersebut? Tentunya dengan melihat Financial Statement. Financial Statements ini merupakan produk dari ilmu Akuntansi. Ilmu Akuntansi adalah membuat Financial Statement dari kejadian masa lampau, tugas Finance manager membuat prediksi, forecast masa depan dari hasil dimasa lampau. Finance adalah melihat kedepan melalui prediksi,analisa masa depan berdasarkan asumsi yang didapat dimasa lalu(historical events). Sehingga finance manager yang baik harus bisa memahami ilmu akuntansi dengan baik.

Binus University at Alam Sutra memiliki program studi Finance dimana lulusannya bergelar Sarjana Ekonomi Akuntansi, diharapkan lulusannya memahami ilmu akuntansi dengan baik.

KDW