Pada tanggal 8 Februari 2017, saya, ibu Kartika Dewi dan Ibu Sasya Sabrina berkesempatan untuk menghadiri acara Finance Day ”From Surabaya to the World” yang diadakan di PT HM. Sampoerna Tbk di Surabaya. Event  tersebut dihadiri dari 21 universitas di Indonesia dan Binus University salah satu peserta acara Finance Day tersebut.

Finance Day ini adalah ajang diskusi antar dosen dengan industry, PT HM. Sampoerna Tbk, untuk mengetahui gap antara dunia pendidikan dan dunia kerja. Salah satu  jembatan penghubung untuk menyelaraskan gap tersebut adalah internship. Internship yang tersedia di PT HM. Sampoerna Tbk bervariasi dari 3bulan hingga 1 tahun. Program internship mereka yang popular diberi nama In Kompas dimana mahasiswa bisa merasakan dunia kerja yang sesungguhnya sebelum lulus kuliah.

Binus University sudah menerapkan program internshipnya didalam kurikulum yang terkenal dengan istilah 3+1, dimana 3 tahun belajar dikampus dan 1 tahun belajar diluar kampus sehingga pengalaman diluar kampus tersebut akan memperkaya wawasan mahasiswa baik hardskills maupun softskills. Hardskills dapat dipelajari dengan mudah tetapi softskills hanya dapat dipelajari ketika kita berinteraksi dengan orang lain. Softskill disini diantaranya adalah communication, presentation,team-work, dan problem solving.

Diakhir diskusi kami mendengarkan testimoni dari karyawan PT HM. Sampoerna Tbk yang dulunya pernah internship di PT HM. Sampoerna Tbk. Mereka berkesempatan untuk exchange karyawan juga ke Negara lain seperti Singapore, Philipina, New Zealand dan Korea selama beberapa bulan karena PT HM. Sampoerna Tbk sudah diakuisisi oleh Philip Moris perusaahaan tembakau yang terkenal di dunia.

KDW