People Innovation Excellence

PELUNCURAN IDX 30

Hari ini Senin  (23/4) diluncurkan indeks baru yaitu IDX 30 JAKARTA. Index yang diluncurkan oleh Bursa Efek Indonesia terdiri dari 30 saham unggulan yang konstituennya merupakan bagian dari Indeks LQ45. Indeks tersebut bisa menjadi acuan bagi investor untuk berinvestasi pada saham dengan likuiditas tinggi dan kapitalisasi besar.

“Indeks IDX 30 dipilih dari saham-saham yang masuk dalam perhitungan indeks LQ45. Selain itu diluncurkan juga Indonesian Capital Market Electronic Library (INDONESIAN CAMEL) sebagai pusat informasi pasar modal secara electronik” ujar Yoyo Cahyadi(subject content coordinator capital market) perwakilan dari Jurusan Akuntansi Universitas Bina Nusantara yang hadir pada peluncuran Indeks tersebut.

Berdasarkan data dari http://investasi.kontan.co.id . Pada peluncuran perdananya, IDX30 langsung dibuka naik 15% atau 0,54 poin ke posisi 360,76. Komponen IDX30 dipilih dari 30 saham berkapitalisasi terbesar pada indeks LQ45 dengan factor yang menjadi kriteria dasar keanggotaan IDX30 adalah aktivitas transaksi seperti nilai transaksi, frekuensi transaksi, jumlah hari transaksi serta kapitalisasi pasar. Selain menggunakan kriteria kuantitatif, juga memiliki komponen yang memperhatikan aspek-aspek kualitatif seperti kondisi keuangan, prosepek pertumbuhan.

Metode penghitungan IDX30 adalah sama dengan metode perhitungan indeks-indeks lain yang ada di BEI sekarang, yaitu pembobotan berdasarkan market capitalization weighted average.

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close