Hari ini Senin  (23/4) diluncurkan indeks baru yaitu IDX 30 JAKARTA. Index yang diluncurkan oleh Bursa Efek Indonesia terdiri dari 30 saham unggulan yang konstituennya merupakan bagian dari Indeks LQ45. Indeks tersebut bisa menjadi acuan bagi investor untuk berinvestasi pada saham dengan likuiditas tinggi dan kapitalisasi besar.

“Indeks IDX 30 dipilih dari saham-saham yang masuk dalam perhitungan indeks LQ45. Selain itu diluncurkan juga Indonesian Capital Market Electronic Library (INDONESIAN CAMEL) sebagai pusat informasi pasar modal secara electronik” ujar Yoyo Cahyadi(subject content coordinator capital market) perwakilan dari Jurusan Akuntansi Universitas Bina Nusantara yang hadir pada peluncuran Indeks tersebut.

Berdasarkan data dari http://investasi.kontan.co.id . Pada peluncuran perdananya, IDX30 langsung dibuka naik 15% atau 0,54 poin ke posisi 360,76. Komponen IDX30 dipilih dari 30 saham berkapitalisasi terbesar pada indeks LQ45 dengan factor yang menjadi kriteria dasar keanggotaan IDX30 adalah aktivitas transaksi seperti nilai transaksi, frekuensi transaksi, jumlah hari transaksi serta kapitalisasi pasar. Selain menggunakan kriteria kuantitatif, juga memiliki komponen yang memperhatikan aspek-aspek kualitatif seperti kondisi keuangan, prosepek pertumbuhan.

Metode penghitungan IDX30 adalah sama dengan metode perhitungan indeks-indeks lain yang ada di BEI sekarang, yaitu pembobotan berdasarkan market capitalization weighted average.