Menurut Gartner, alokasi modal adalah “proses menentukan strategi investasi yang paling efisien untuk sumber daya keuangan suatu organisasi, dengan tujuan memaksimalkan ekuitas pemegang saham.” Ini mencakup penentuan cara terbaik untuk memaksimalkan keuntungan dengan menggunakan aset keuangan dan sumber daya lainnya.

Alokasi modal berarti CEO perusahaan memilih di mana dan bagaimana membelanjakan uang yang dia peroleh. Ini berarti mendistribusikan dan menginvestasikan sumber daya keuangan perusahaan dengan cara yang akan meningkatkan efisiensi dan memaksimalkan keuntungan.

Manajemen perusahaan berusaha mengalokasikan modal perusahaan dengan cara yang akan menghasilkan sebanyak mungkin keuntungan bagi pemegang saham. Alokasi modal merupakan hal yang rumit, dan keputusan yang dibuat oleh CEO sering kali menentukan kesuksesan atau kegagalan bisnis. Manajemen perlu melakukan pertimbangan terkait kelayakan opsi investasi yang tersedia, mengevaluasi dampak terhadap bisnis, dan mengalokasikan dana tambahan dengan cara yang tepat dan efektif. Pengalokasian  modal dapat dilakukan dengan mengembalikan uang kepada pemegang saham melalui dividen, pembelian kembali saham, penerbitan dividen khusus, atau meningkatkan anggaran R&D. Bisnis juga dapat memilih untuk berinvestasi dalam inisiatif pertumbuhan, seperti pengeluaran pertumbuhan organik dan akuisisi.

 

Referensi:

https://www.investopedia.com/terms/c/capital_allocation.asp

https://www.phoenix.edu/blog/what-is-capital-allocation.html

https://www.gartner.com/en/finance/glossary/capital-allocation

Image Source: Google Images