CURRENT DATA-FLOW LANDSCAPE

Transformasi digital arus informasi keberlanjutan dan manajemen data telah mendapatkan signifikansi strategis sebagai kemampuan penting untuk profesi akuntansi manajemen. Jika kita ingin pemangku kepentingan mempercayai data yang mereka gunakan dan analisis setiap hari, maka kita memerlukan data yang dapat dibaca mesin, dimengerti, dapat diaudit, dan dapat diakses. Para pemangku kepentingan mengandalkan profesional akuntansi manajemen yang berpikiran maju untuk membantu memperbaiki kesenjangan informasi. Ringkasan Transformasi Digital: Pelaporan Bisnis dalam Revolusi Industri Keempat meneliti masalah ini secara rinci dan memberikan gambaran visual tentang tantangan nyata yang perlu kita selesaikan secara kolektif untuk memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan (lihat Gambar 1).

Aliran informasi keberlanjutan dan antarmuka antara input, throughput, dan output di berbagai sistem tidak selaras secara universal, seringkali membutuhkan intervensi manusia untuk memproses ulang output satu sistem ke dalam format yang diperlukan untuk sistem berikutnya. Data kemudian terhubung ke beberapa laporan output, meningkatkan pentingnya satu sumber kebenaran data. Misalnya, data dari perangkat lunak perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) entitas yang diatur perlu dikompilasi dan dikemas ulang (yaitu, throughput) untuk memenuhi persyaratan formulir dan format data regulator (yaitu, output) untuk pengajuan pengiriman. Integrasi tanpa batas antara antarmuka internal dan eksternal ini tergantung pada standar yang dikodifikasikan untuk pembuatan data, validasi, dan berbagi.

Ini adalah area fragmentasi yang paling umum, tetapi bukan satu-satunya. Regulator yang berbeda memerlukan informasi yang sama dalam format atau tipe data spesifik mereka, yang membutuhkan upaya duplikasi. Beberapa regulator meminta informasi yang sama dalam berbagai bentuk dan format, mengamanatkan upaya mahal tanpa nilai inkremental nyata kepada perusahaan atau pemangku kepentingannya. Proses perakitan, pembongkaran, dan pengemasan ulang data dalam berbagai format yang diperlukan dapat menyebabkan masalah kepatuhan dan kesalahan informasi yang tidak disengaja selama pengarsipan peraturan. Adopsi standar umum yang dikodifikasikan untuk pembuatan dan pertukaran data yang dapat dibaca mesin di semua pemangku kepentingan dalam ekosistem kepatuhan global dapat menghasilkan lompatan besar menuju koherensi dalam aliran data informasi di seluruh dunia.

Baik bisnis maupun regulator mengadopsi standar unik, definisi data, dan aturan validasi bisnis untuk elemen dan metrik data keberlanjutan yang serupa. Selain faktor biaya, kurangnya kohesi ini melemahkan auditabilitas informasi ESG yang akhirnya disebarluaskan ke banyak regulator dan meningkatkan risiko karena peningkatan subjektivitas, perbedaan interpretasi, misinformasi, dan kepatuhan parsial yang tidak disengaja atau ketidakpatuhan. Perbedaan dalam proses penyampaian informasi peraturan menciptakan rintangan tambahan dalam menciptakan aturan validasi pelaporan last-mile standar dan integrasi tanpa batas di seluruh sistem internal dan eksternal. Perbedaan peraturan ini semuanya menambah kompleksitas dan biaya kepatuhan.

Masalah data hulu juga memperburuk masalah aliran informasi. Misalnya, definisi data keberlanjutan tidak disepakati secara global. Kami tidak memiliki kosakata terkontrol yang mengatur istilah, referensi, atau metrik keberlanjutan. Fragmentasi ini merupakan tantangan ketika melaporkan informasi yang sama kepada beberapa regulator karena ada kurangnya kejelasan dalam komunikasi dan tidak ada satu set standar dan definisi yang dapat digunakan di beberapa regulator. Hal ini tidak biasa untuk menemukan perbedaan dalam definisi dari berbagai elemen data di antara regulator. Ini secara alami cocok untuk peningkatan risiko salah saji dan miskomunikasi, di samping peningkatan biaya kepatuhan untuk mempertahankan beberapa varian item data yang sama untuk entitas yang harus memvalidasi keakuratan laporan mereka setiap kali mereka mengajukan pengajuan peraturan.

Daftar perbedaan terus berlanjut, termasuk kurangnya kejelasan dalam terminologi yang digunakan dalam undang-undang dan peraturan nasional yang relevan, yang membuat begitu banyak terbuka untuk interpretasi. Rintangan lainnya termasuk kurangnya metrik umum, standar, disepakati dan transposisi, terjemahan, dan implementasi peraturan perusahaan yang tidak konsisten. Fragmentasi ini mencerminkan kebingungan dalam organisasi juga, dengan berbagai tingkat kematangan kelompok pelaporan, termasuk tanggung jawab yang ditugaskan, sistem kontrol, orang, dan proses.

KERJASAMA GLOBAL UNTUK DIGITALISASI

Kerja sama internasional akan menjadi kunci dalam mengembangkan standar global yang sebanding dengan yang dibutuhkan pasar. Pasar keuangan global sudah meminta otoritas pengatur dan dewan standar keberlanjutan untuk menentukan standar umum sehingga pasar investasi dampak berkelanjutan dapat terus matang.

Kebutuhan akan kerja sama internasional yang lebih besar tidak berhenti di situ. Kami terlibat dalam upaya yang disebut Proyek Manajemen Dampak (yang namanya bertransisi ke Koalisi Ibu Kota) yang bertujuan memfasilitasi upaya di seluruh dunia yang didukung oleh Tipping Point Fund for Impact Investing untuk menyatukan berbagai pemangku kepentingan ekosistem untuk membangun konsensus tentang bagaimana mengatasi dan mengurangi gesekan di dalam dan di antara arus informasi. Lihat situs yang bagus untuk umum ini dan terlibat dalam kolaborasi global mutakhir yang belum pernah terjadi sebelumnya ini. Berbekal pemahaman tentang tantangan ekosistem dan masalah data, profesional akuntansi dan keuangan manajemen perlu bersiap untuk memimpin organisasi mereka melalui pergeseran seismik di dunia kerja kita.

PELUANG UTAMA BAGI AKUNTAN MANAJEMEN

Transformasi digital penanganan data bisnis ini membutuhkan keterampilan profesional yang baru dan lebih baik. Pengetahuan tentang persimpangan orang, proses, dan teknologi tidak pernah lebih penting dalam membentuk kemampuan yang dibutuhkan profesi akuntansi dan keuangan untuk mencapai kesuksesan.

Tiga bidang utama dengan cepat muncul sebagai landasan dalam percakapan ini: literasi digital, kemampuan komunikasi, dan ilmu data. Selain itu, kemampuan tradisional dan bidang fokus seperti kepemimpinan, etika, dan kemahiran akuntansi tetap penting.

  1. Satuan Tugas Literasi Digital American Library Association (ALA) mendefinisikan literasi digital sebagai:
  2. Keterampilan teknis dan kognitif untuk menemukan, membuat, memahami, menganalisis, dan mengkomunikasikan cerita yang koheren berdasarkan data;
  3. Kemampuan untuk memanfaatkan berbagai teknologi untuk mengelola data, termasuk menilai kualitas dan nilainya;
  4. Mengelola hukum, privasi, keamanan, dan pengelolaan data; dan
  5. Menggunakan keterampilan ini sebagai kendaraan untuk mempromosikan wacana dan keterlibatan dengan berbagai pemangku kepentingan.

Bagi para profesional keuangan, literasi digital berarti menjadi cerdas dengan alat digital baru dan manajemen data, memahami bagaimana mereka dapat dimanfaatkan untuk mengekstrak, menganalisis, memvisualisasikan, dan melaporkan informasi (yaitu, ilmu data) yang dengannya kami berhasil menceritakan kisah yang akurat dan menarik (yaitu, kemampuan komunikasi). Ini hanya dapat dicapai ketika kita mengadopsi pola pikir pembelajaran berkelanjutan, mengidentifikasi cara-cara baru untuk bekerja dengan teknologi dan data, dan menyesuaikan komunikasi kita untuk menjembatani kesenjangan antara metode digital tradisional dan baru manajemen data.

Mempertimbangkan jalur potensial untuk mencapai tujuan keberlanjutan, aplikasi peningkatan kemampuan menjadi lebih jelas. Misalnya, ketika kita mempertimbangkan fokus baru pada efisiensi sumber daya, kita harus dapat:

  1. Mengembangkan dan membangun model bisnis hemat sumber daya yang menghasilkan manfaat yang lebih besar bagi organisasi dan pemangku kepentingannya — terutama untuk mengantisipasi peraturan ekonomi berkelanjutan baru sebagai cara untuk memulai rekan-rekan;
  2. Mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan jejak karbon organisasi dan masalah lingkungan alam lainnya untuk mengurangi gesekan pelaporan;
  3. Mendukung teknologi, produk, dan proses baru yang meningkatkan efisiensi sumber daya; dan
  4. Komunikasikan bagaimana efisiensi sumber daya tercermin dalam kisah sukses pengurangan jejak karbon organisasi dengan cara yang dapat dipercaya, dipahami, dan dihubungkan oleh para pemangku kepentingan. Komunikasi adalah keterampilan penting yang harus kita perkuat dalam kotak kemampuan alat kita.

Memperluas garis pemikiran ini untuk mempertimbangkan ketahanan iklim dalam bisnis, dibutuhkan keterampilan dalam:

  1. Sains dan teknologi untuk mendukung pemodelan dan menafsirkan proyeksi perubahan iklim;
  2. Melakukan penilaian manajemen risiko, seperti memproyeksikan ketersediaan bahan dan sumber daya input di masa depan (yaitu, mineral atau logam);
  3. Mengilustrasikan dan berbagi rencana pengurangan jejak karbon yang ambisius, namun dapat dicapai; dan
  4. Tata kelola data dengan memastikan bahwa data berkualitas sesuai dengan tujuan sejak awal dan sepanjang siklus hidup arus informasi.

Realisasi penting dalam ekonomi dan bisnis yang berkelanjutan adalah bahwa kemampuan profesional, persiapan, dan investasi kita sendiri adalah faktor penentu yang memungkinkan (atau tidak) “transisi hijau” menuju keberlanjutan dan netralitas karbon sejak awal, bukan hanya dihasilkan dari transisi.

Asosiasi secara tradisional berfokus pada pengembangan keterampilan teknis dan profesional inti, tetapi kurikulum baru harus mencakup pengembangan keterampilan yang lebih dalam dalam praktik bisnis yang berkelanjutan, kepemimpinan, dan analisis data, memberdayakan kita untuk mempengaruhi dan membujuk para pembuat keputusan (lihat Gambar 2). Organisasi membutuhkan personel dengan keterampilan ini untuk bertransisi dengan cepat dari model bisnis tradisional mereka ke model yang berkelanjutan. Ini adalah masalah kelangsungan hidup bisnis dan, dengan perluasan bagi kami, kelangsungan hidup profesional.

Apakah Anda siap untuk masa depan bisnis kami yang berkelanjutan? Tantangannya sangat luas dan menarik, dan solusi yang muncul akan mengubah profesi. Sama seperti spreadsheet mengubah akuntansi dari pelaporan statis menjadi penceritaan dan proyeksi yang lebih dinamis untuk menginformasikan perencanaan strategis, mengubah informasi keberlanjutan secara digital akan mengubah cara dan mengapa peran dan tanggung jawab profesional kami. Kami berada dalam posisi utama sebagai kustodian data yang tepercaya dan tidak memihak, jadi jangan sia-siakan kesempatan ini untuk menghadapi tantangan mengekstraksi dan memberikan nilai yang lebih berwawasan dan bermakna bagi bisnis yang kami dukung, menggunakan data yang sesuai untuk tujuan untuk melakukannya sambil melayani sebagai pendukung keberlanjutan. Planet dan para pemangku kepentingan kita mengandalkan kita — tidak ada “Planet B.”

Referensi:

  • Graaff, D. 2022. Sustainable Business Management. Strategic Finance Institute of Management Accountant (IMA)
  • 2022. Google Image.
  • Wray, D. 2022. The Digital Transformation and Sustainability Data. Strategic Finance Institute of Management Accountant (IMA)