Accounting

Bagaimana Melakukan Akuntansi untuk Bisnis Kecil: Dasar-dasar Akuntansi

Oleh: Jonathan Tanuwijaya

Akuntansi untuk bisnis kecil dilakukan dengan menyimpan catatan lengkap dari semua pendapatan dan pengeluaran dan secara akurat mengekstraksi informasi keuangan dari transaksi bisnis.

Ini adalah tugas penting yang membantu pemilik usaha kecil melacak dan mengelola uang mereka secara efektif – terutama pada tahap awal. Selain membuat Anda tetap sadar tentang kinerja bisnis Anda dulu dan sekarang, akuntansi bisnis kecil juga membantu dalam menghasilkan faktur dan menyelesaikan penggajian.

Bagaimana Mengatur Sistem Akuntansi Bisnis Kecil?
1. Buka rekening bank bisnis
Saat Anda memulai bisnis, buka rekening bank terpisah yang akan memisahkan keuangan bisnis Anda dari keuangan pribadi.
2. Memilih metode akuntansi
Saat menyiapkan sistem akuntansi bisnis kecil, Anda perlu memilih metode pencatatan transaksi keuangan.

Pada dasarnya ada dua metode untuk mencatat pendapatan dan biaya – basis kas dan basis akrual.
a. Basis uang tunai
Di bawah metode akuntansi berbasis kas, Anda mencatat pendapatan dan pengeluaran saat transaksi tunai dilakukan. Misalnya, Anda mencatat pendapatan untuk suatu produk hanya ketika pelanggan membayar Anda untuk produk tersebut.
b. Basis akrual
Meskipun basis kas mungkin lebih mudah digunakan, sebagian besar bisnis memilih akuntansi basis akrual untuk mencatat transaksi. Dengan metode ini, Anda mencatat pendapatan saat melakukan penjualan dan pengeluaran saat Anda mengeluarkannya. Ini terlepas dari apakah Anda menerima atau membayar tunai untuk produk atau layanan.

Anda harus menggunakan sistem akuntansi entri ganda dan mencatat dua entri untuk setiap transaksi.
Mencatat Transaksi
Sebagai pemilik usaha kecil, Anda memiliki pilihan untuk menyewa akuntan, mencatat transaksi dengan tangan atau menggunakan perangkat lunak akuntansi untuk mencatat transaksi bisnis Anda.

Lengkapi Bagan Akun
Bagan akun mencantumkan semua transaksi bisnis dan digunakan untuk menyusun laporan, meninjau kemajuan, dan menemukan transaksi. Grafik ini harus sering diperbarui untuk memasukkan berbagai transaksi bisnis.

Tentukan Persyaratan Pembayaran Anda
Berdasarkan sifat bisnis Anda, Anda mungkin memutuskan untuk menawarkan kredit kepada pelanggan. Alih-alih mengumpulkan pembayaran di tempat penjualan, Anda dapat memilih untuk menagihnya di kemudian hari.
Jika Anda memutuskan untuk memberikan kredit kepada pelanggan, Anda akan membutuhkan sistem yang konsisten dalam membuat dan mengirim faktur.

Apakah Membutuhkan Akuntan untuk Bisnis Kecil?
Jika Anda adalah pemilik bisnis kecil, menyewa akuntan dapat menghemat banyak waktu dan uang. Akuntan dapat membantu pemilik usaha kecil dengan tugas-tugas berikut:
• Selama pembentukan bisnis Anda, seorang akuntan dapat membantu Anda menulis rencana bisnis
• Memberi tahu Anda tentang struktur entitas bisnis Anda
• Membantu Anda mendapatkan lisensi yang sesuai seperti izin bisnis, izin pajak penjualan, dan akun pekerjaan
• Siapkan perangkat lunak akuntansi dan bagan akun Anda saat Anda tidak ingin dikenakan jasa pembukuan secara teratur
• Menangani masalah kepatuhan dan pajak penjualan yang kompleks
• Menangani biaya tenaga kerja yang kompleks termasuk masalah upah dan kepatuhan tenaga kerja yang dapat menenggelamkan bisnis yang paling menguntungkan sekalipun.
• Membantu Anda memenuhi persyaratan untuk kreditor atau lembaga pemberi lisensi
• Menjaga catatan persediaan berdasarkan tanggal pembelian, nomor saham, harga pembelian, tanggal penjualan dan harga jual
Pemilik bisnis kecil yang tidak mampu menyewa seorang profesional mungkin sementara itu mempertimbangkan untuk mengotomatiskan praktik akuntansi bisnis kecil mereka dengan salah satu dari banyak aplikasi perangkat lunak akuntansi berbasis cloud.

Sebagian besar aplikasi ini mencakup dasar-dasar akuntansi mulai dari pembuatan faktur, pembayaran, dan penggajian. Perangkat lunak ini dapat membantu Anda dalam menyimpan catatan yang akurat dan membuat laporan keuangan dasar.

Bibliography

Wichmann, H. (1983). Accounting and marketing—Key small business problems. American Journal of Small Business, 7(4), 19-26.

Gul, F. A. (1991). The effects of management accounting systems and environmental uncertainty on small business managers’ performance. Accounting and business research, 22(85), 57-61.

DeThomas, A. R., & Fredenberger, W. B. (1985). Accounting needs of very small business. The CPA Journal (pre-1986), 55(000010), 14.

 

Image Sources: Google Image

JT