Pekerjaan seorang akuntan pada masa sekarang sangatlah berbeda dengan pekerjaan akuntan pada era 20 tahun yang lalu. Pada era teknologi sekarang ini, teknologi sudah berkembang sangat pesat sehingga dapat memberikan dampak ke bebeapa bidang. Salah satu bidang yang akan terkena dampaknya adalah dalam bidang akuntansi.

Menurut Gubernur Bank Inggris Mark Carney, setidaknya akan ada 15 juta pekerjaan yang akan lepas ke orang – orang teknologi pada tahun – tahun yang akan datang, termasuk dalam bidang akuntan.

Sebuah penelitian dari Xero research juga memiliki prediksi dan menyampaikan hasil dari prediksinya bahwa profesi akuntan dan admin akan menjadi salah satu prioritas teratas yang akan digantikan oleh robot. Hampir seluruh proses akuntansi pada masa sekarang sudah mulai dapat ditangani dengan menggunakan software computer dimulai dari pencatatan transaksinya hingga dapat menghasilkan laporan keuangan.

Namun, hal ini tidak dapat membuat profesi akuntan menjadi hilang melainkan hanya bergeser. Para akuntan diminta untuk dapat mempelajari skill dan hal – hal baru agar dapat mengikuti perkembangan di dunia sekarang ini.

Hal – hal yang perlu dipelajari dan menjadi penting bagi seorang akuntan adalah manajemen bisnis, analisis resiko, dan teknologi Informasi (Alhabsyi, 2017).

Reference:

Image Sources: Google Images