Berdasarkan paparan artikel di laman World Economic Forum, untuk bisa beradaptasi dengan perubahan yang dibawa oleh revolusi industri 4.0, seorang pekerja harus memiliki kemampuan yang tidak akan bisa dilakukan oleh mesin. Soft skill adalah kunci. World Economic Forum juga merilis 10 skill/keterampilan yang mutlak dibutuhkan para pekerja untuk bisa menghadapi perubahan pada 2020 dan seterusnya. Sepuluh keterampilan yang harus dimiliki pekerja tersebut adalah:

  1. Complex problem solving
    Kemampuan untuk berpikir jernih dan mendalam terhadap suatu masalah dengan melakukan identifikasi, menyeleksi informasi terkait masalah tersebut, menentukan opsi solusi lalu mengevaluasinya, dan melaksanakan opsi sebagai solusi dalam mengatasi masalah tersebut.
  2. Critical thinking
    Kemampuan berpikir kritis dan memberi feedback yang disertai alasan logis.
  3. Creativity
    Kemampuan untuk menemukan sesuatu yang unik dan original. Tidak harus benar-benar baru, namun bisa pula dengan mengembangkan apa yang sudah ada.
  4. People management
    Kemampuan untuk mengelola orang, termasuk kemampuan leadership.
  5. Coordinating with other
    Kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain, baik di dalam maupun luar tim.
  6. Emotion intelligence
    Kemampuan mengatur emosi. Dalam hal ini, termasuk pula kemampuan untuk mengidentifikasi, mengelola serta memanfaatkan emosi.
  7. Judgment and decision making
    Kemampuan untuk mengambil keputusan dalam kondisi apapun, termasuk ketika sedang berada di bawah tekanan.
  8. Service orientation
    Kemampuan untuk ‘melayani’, baik untuk perusahaan atau pelanggan tanpa mengharapkan penghargaan semata.
  9. Negotiation
    Kemampuan untuk melakukan negosiasi dalam aspek pekerjaan, walau sulit dilakukan.
  10. Cognitive Flexibility
    Kemampuan untuk switch atau pengalihan dalam berpikir sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

Sumber:

Image Sources: Google Images