Artikel ini akan memperlihatkan plot antara narsisisme CEO dan profitabilitas perusahaan di Indonesia. Secara spesifik, artikel ini membandingkan plot tersebut untuk tahun 2016 dan 2019 atas perusahaan-perusahaan di Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), kecuali perusahaan dari industri keuangan. Beberapa penelitian telah mengaitkan narsisisme dengan karakter-karakter seseorang. Sebagai contohnya, narsisisme dikaitkan dengan sifat dan karakter yang membuat seseorang cocok untuk dijadikan seorang pemimpin. Hal itu terjadi karena narsisisme terkait dengan tingkat kepercayaan diri, karisma, kewenangan, dan rasa unggul (Hogan & Kaiser, 2005) dan (Olsen et al., 2014). Namun demikian, beberapa peneliti mempercayai bahwa sifat narsisisme terkait dengan karakter yang bersifat negatif. Misalnya saja, narsisisme dikaitkan dengan sikap sombong, mementingkan kepentingan sendiri, eksibisionisme, ketidakmampuan untuk belajar dari kesalahan, dan kekaguman yang berlebihan pada diri sendiri (Emmons (1987); Hogan & Kaiser (2005); & Olsen et al. (2014)). Artikel ini akan menunjukan bagaimana plot antara narsisisme CEO yang diukur dengan metode ukuran tanda tangan CEO, sesuai dengan metode Ham et al. (2018), dalam laporan tahunan dengan profitabilitas perusahaan.

Gambar diatas menunjukkan bahwa, secara garis besar, plot antara tingkat narsisisme CEO dan profitabilitas yang dihitung berdasarkan return on assets (ROA) untuk tahun 2016 dan 2019 tidaklah berbeda. Plot dalam gambar tersebut memperlihatkan bahwa konsentrasi titik-titik pertemuan antara tingkat narsisisme CEO dan ROA berada di sekitar area ROA dengan nilai 0.0 hingga 0.05 dan tingkat narsisisme CEO dibawah angka 1. Dari gambar diatas, kita dapat melihat bahwa terdapat beberapa perusahaan di tahun 2016 memiliki ROA yang lebih rendah dibandingkan beberapa perusahaan di tahun 2019, serta terdapat satu observasi di tahun 2019 yang memiliki tingkat narsisisme yang sangat tinggi.

REFERENSI:

  • Emmons, R., A. 1987. Narcissism: Theory and measurement. Journal of Personality and Social Psychology, 52 (1), 11 – 17.
  • Ham, C., Seybert, N., & Wang, S. (2018). Narcissism is a bad sign: CEO signature size, investment, and performance. Review of Accounting Studies, 23(1), 234-264.
  • Hogan, R., & Kaiser, R. 2005. What we know about leadership. Review of General Psychology, 9 (2), 169–180.
  • Olsen, K. J., Dworkis, K. K., & Young, S. M. 2014. CEO narcissism and accounting: A picture of profits. Journal of Management Accounting Research, 26 (2), 243–267.

Image Sources: https://www.pexels.com/