Seminar Nasional Global Learning System & Lab Trading Simulation
Pengertian pasar global adalah pasar berskala dunia yang terbuka bagi seluruh pelaku usaha. Pasar global mengalami perkembangan yang pesat belakangan ini karena beberapa faktor, antara lain.Adanya beberapa negara industri yang mampu menghasilkan produk berkualitas dengan harga murah, misalnya China dan Taiwan
- Semakin banyak orang yang melakukan perjalanan antar negara yang secara langsung menjadi konsumen global
- Semakin banyaknya transportasi antar negara yang mempermudah distribusi produk
- Perdagangan dunia semakin meningkat seiring dengan meningkatnya permintaan pasar dunia
Jika sudah memahami pengertian pasar global dengan baik, tentunya kita bisa menyimpulkan bahwa pasar global adalah peluang bisnis yang sangat besar dan menantang. Ketika suatu orang atau perusahaan memutuskan untuk ikut serta dalam pasar global, maka terbukalah kesempatan baginya untuk mengembangkan bisnisnya dan meraih lebih banyak keuntungan. Beberapa kesempatan tersebut antara lain:
- Perusahaan dapat membuka pabrik di negara lain yang upah buruhnya lebih murah
- Perusahaan dapat membuka kantor cabang dan pabrik cabang di beberapa tempat di seluruh dunia untuk mempermudah dan mempermurah distribusi produknya
- Perusahaan dapat memperoleh target konsumen yang lebih banyak dengan memperkenalkan produknya di negara lain yang potensial
Namun, setara dengan kesempatan yang ditawarkan, di pasar global juga ada berbagai macam masalah dan kendala yang harus siap dihadapi oleh seluruh pelaku pasar. Seorang pebisnis yang hebat, tentunya akan dapat menemukan solusi yang kreatif dan inovatif untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Berikut adalah beberapa macam kendala yang menantang para pelaku bisnis pasar global:
Perbedaan Budaya dan Selera
Produk yang laku keras di suatu negara, bisa jadi tidak menarik sama sekali bagi masyarakat di negara lain. Misalnya, sepeda motor Honda laku keras di Indonesia, sementara di Eropa, produk ini tidak ada peminatnya.
Perbedaan Daya Beli Masyarakat
Jika produk yang dijual melalui pasar bebas memiliki harga yang terlalu tinggi atau justru terlalu rendah di negara targetnya, maka kemungkinan produk tersebut tidak akan memperoleh banyak pembeli. Misalnya, kaos – kaos murah buatan China tidak akan laku di Prancis karena daya beli masyarakatnya yang sangat tinggi.
Peraturan Nasional
Produk yang banyak diminati masyarakat di suatu negara, bisa jadi tidak bisa jual ke negara tersebut jika negara tersebut memiliki peraturan khusus yang membatasinya. Misalnya, di Indonesia, mobil yang terlalu mewah seperti limousine tidak boleh masuk ke Indonesia. Jadi, perusahaan limousine di negara manapun tidak ada gunanya jika mereka bermaksud menjual produknya ke Indonesia.
Seminar ini telah dilaksanakan pada bulan September 2015 yang dilaksanakan atau bertempat di Binus University Kampus Anggrek yang bekerja sama dengan Akuntansi Binus dan Pihak PT Monex Investindo Futures yang bertujuan untuk membantu mahasiswa dan dosen mengetahui detail kegiatan proses pemasaran yang ada di pasar global. Pembicara atau moderator pada seminar itu Ibu Ariana Nur Akbar selaku manajaer perusahan PT Monex Investindo Futures.
msd
Comments :