Peran Akuntansi Manajemen dan Teknologi dalam Pengambilan Keputusan Strategis Perusahaan
Big data, machine learning, dan AI saat ini seringkali digunakan bagi perusahaan dalam menganalisis data yang telah terkumpul oleh perusahaan. Misalnya dengan menggunakan historis data pembelian dan karakteristik dari pelanggan, seperti Netflix, IQIYI, WeTv melakukan prediksi film atau series mana yang mungkin disukai oleh pengguna. Platform tersebut akan mendapatkan umpan balik mengenai apakah pengguna menyukai film tersebut atau tidak untuk meningkatkan dan menyempurnakan kepuasan pelanggan.
Akuntansi manajemen merupakan proses pengukuran, analisa, dan pelaporan informasi keuangan dan non-keuangan yang membantu manajemen dalam mengambil keputusan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Manajer menggunakan akuntansi manajemen untuk mengembangkan dan mengimplementasikan strategi serta mengkoordinasikan desain, operasi dan keputusan pemasaran serta mengevaluasi kinerja perusahaan. Untuk memudahkan manajemen dalam membuat strategi, manajer dapat merumuskan strategi dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti berikut:
- Siapa pelanggan terpenting perusahaan, dan kemampuan penting apa yang dimiliki oleh perusahaan untuk bersaing dan memberikan nilai kepada pelanggan?
- Seberapa besar kekuatan tawar-menawar pelanggan perusahaan?
- Bagaimana kekuatan tawar-menawar pemasok perusahaan?
- Produk pengganti apa saja yang ada di pasar, dan bagaimana perbedaannya dengan produk perusahaan dalam segi fitur, harga, biaya, dan kualitas?
- Apakah uang tunai yang cukup tersedia untuk mendanai strategi tersebut, atau akankah ada dana tambahan yang perlu dikumpulkan?
Strategi yang bagus dan pengembangan kapabilitas secara optimal akan membantu perusahaan dalam menjalankan operasional perusahaan lebih efektif dan efisien.
Referensi:
- Datar, S. M., & Rajan, M. V. (2020). Horngren’s Cost Accounting, Enhanced, Global Edition (17th ed.). Pearson International Content. https://bookshelf.vitalsource.com/books/9781292363165
Comments :