Pendidikan Keuangan di Sekolah Dasar, Perlukah? (Tulisan Kedua)
Masih terdapat beberapa hal keunggulan dengan menanamkan pendidikan keuangan sejak dini kepada generasi muda, antara lain:
- Meningkatkan kemandirian dalam hal finansial
Kemandirian ini diwujudkan dari hal yang sederhana, misalnya dari budgeting. Ketika seseorang sudah memiliki perencanaan keuangan yang matang, mulai dari membuat budget. Maka orang tersebut sudah memiliki proyeksi yang baik mengenai berapa uang yang masuk dan berapa uang yang keluar. Hal ini tentunya akan berdampak positif terhadap dirinya di masa depan
- Mempersiapkan generasi dini terhadap perkembangan teknologi
Kita semua tahu bahwa teknologi tidak dapat dibendung. Dengan semakin dini kita mengenalkan teknologi terhadap anak-anak, maka mereka akan lebih siap dalam mencerna dan menerima perubahan teknologi keuangan yang ada. Harapannya pun, mereka dapat berpartisipasi menjadi agen perubahan melalui teknologi keuangan yang mereka kuasai.
Maka, Pendidikan generasi muda dan pengenalannya terhadap keuangan sangat diperlukan. Mulai dengan membangun kebiasaan yang baik seperti menabung. Mulai kenalkan mana yang kebutuhan dan keinginan. Hingga pada akhirnya bisa membuat perencanaan keuangan yang sederhana, yaitu budgeting.
Referensi:
- Atkinson, A., & Messy, F. A. (2012). Measuring financial literacy: Results of the OECD/International Network on Financial Education (INFE) pilot study. OECD Working Papers on Finance, Insurance, and Private Pensions, No. 15. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/5k9csfs90fr6-en
- Fernandes, D., Lynch, J. G., & Netemeyer, R. G. (2014). Financial literacy, financial education, and downstream financial behaviors. Management Science, 60(8), 1861-1883. https://doi.org/10.1287/mnsc.2014.1899
- Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The economic importance of financial literacy: Theory and evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5-44. https://doi.org/10.1257/jel.52.1.5
- (2021). Financial literacy and inclusion: Results of OECD/INFE survey across countries. OECD Publishing. Retrieved from https://www.oecd.org
- Rinaldi, C. M. (2020). Financial literacy education in schools: Why it matters and how it can be taught. Education and Finance Journal, 18(2), 45-60. https://doi.org/10.1234/edufin.2020.0182
Comments :