Kebutuhan pada penggunaan teknologi semakin pesat oleh para pemimpin perusahaan yang mempertimbangkan untuk mentransformasikan organisasi sebagai nilai tambah dalam bersaing dengan kompetitor lainnya. Menurut Fishman & Stryker (2020) penerapan Artificial Intelligence (AI) berdampak kepada perubahan organisasi secara menyeluruh, dimana adopsi AI memberikan lingkup kerja yang baru dengan berintegrasi kepada teknologi. Saat organisasi menentukan targetnya di masa mendatang, AI dapat membantu organisasi secara cepat dalam mengambil keputusan dengan mempelajari pengalaman dan performa di masa lalu untuk menemukan alternatif tepat di masa depan. Selain itu, penerapan AI membantu memitigasi risiko dengan menanggulangi permasalahan yang terjadi melalui solusi yang inovatif, tetapi untuk penilaian dan penentuannya tetap dilakukan oleh praktisi.

Namun, implementasi AI belum memiliki kajian yang tepat untuk menjadi pedoman bagi para professional dalam mempraktikannya di bisnis, dimana di Indonesia sendiri masih dalam tahap pengembangan oleh pemerintah. Menanggapi keseriusan bahwa aturan regulasi masih belum siap, tetapi implementasi AI telah berkembang pesat di kehidupan sehari-hari maupun dunia industri, European Union (EU) telah mengkaji beberapa hal yang menjadi perhatian untuk menjadi regulasi pertama yang mengatur kebijakan hukum terkait penggunaan AI (EU, 2023). Hal tersebut dijelaskan juga oleh Witzel (2021) bahwa para pimpinan di bidang data analytics perlu memahami fungsi dan dampak dari AI yang membawa transformasi besar kepada seluruh unit bisnis.

Pada gambar dibawah ini merupakan susunan dari aturan regulasi yang dikembangkan oleh EU dengan memperhatikan beberapa risiko yang dihadapi dari implementasi AI pada bisnis, bermula dari Unacceptable risk hingga minimal risk. Tujuan dari pembagian risiko berdasarkan susunan levelnya adalah untuk membantu perusahaan dalam menentukan skala prioritas saat menanggulangi permasalahan yang terjadi.

Gambar 1. AI Level of Risk, (Witzel, 2021)

REFERENSI

  • European Union. (2023, December 19). EU AI Act: first regulation on artificial intelligence. Retrieved from News European Parliament: https://www.europarl.europa.eu/news/en/headlines/society/20230601STO93804/eu-ai-act-first-regulation-on-artificial-intelligence
  • Fishman, N., & Stryker, C. (2020). Smarter Data Science Succeeding With Enterprise-Grade Data and AI Projects – 1st Edition. United States: Wiley.
  • Witzel, L. (2021, September 18). 5 Things You Must Know Now About the Coming EU AI Regulation. Retrieved from Medium: https://medium.com/@loriaustex/5-things-you-must-know-now-about-the-coming-eu-ai-regulation-d2f8b4b2a4a9

 

Image Source: Istimewa