Institut Akuntan Publik Indonesia atau biasa disebut IAPI (Indonesian Institute of Certified Public Accountants (IICPA) adalah suatu ikatan akuntan publik dan salah satu badan standar akuntansi yang ada di negara Indonesia.IAPI memiliki wewenang dalam menyusun dan menetapkan Standar Profesional dan Etika Akuntan Publik, menyelenggarakan program pendidikan berkelanjutan dan peninjauan mutu akuntan publik, serta melaksanakan ujian profesi akuntan publik.

Visi dan Misi IAPI:

Visi:

– Mewujudkan Akuntan Publik yang berintegritas, berkualitas, berkompetensi dan berstandar international

– Mewujudkan pertumbuhan dan independensi profesi Akuntan Publik

– Menjaga martabat profesi Akuntan Publik dan kepercayaan publik

– Mendorong terwujudnya good governance di Indonesia

– Mewujudkan lingkungan internal dan eksternal profesi yang sehat dan kondusif bagi profesi Akuntan Publik

Misi:

– Mendorong peningkatan praktik tata kelola yang baik di bidang perekonomian dan pengelolaan negara, termasuk pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelaporan informasi keuangan

– Menyediakan Standar Profesi Akuntan Publik dan Kode Etik yang berstandar international.

– Mendorong peningkatan kualitas jasa profesi Akuntan Publik melalui penguatan kelembagaan Kantor Akuntan Publik.

– Menyediakan Sumber Daya Manusia profesi akuntan yang memiliki kompetensi sesuai standar global melalui proses rekrutmen anggota.

IAPI memiliki latar belakang sejarah yang cukup panjang, dimulai dari proses berdirinya pada tahun 1957 yang didirikan oleh Prof. R. Soemardjo dan empat orang lulusan pertama Fakultas Ekonomi Indonesia yakni Drs. Basuki T. Siddharta, Drs. Hendra Darmawan, Drs. Tan Tong Joe, dan Drs. Go Tie Siem pada 23 Desember 1957. Dua puluh tahun setelah berdirinya IAI, Drs. Theodorus M. Tuanakotta membentuk Seksi Akuntan Publik sebagai wadah para akuntan publ;ik di Indonesia untuk melaksanakan program-program pengembangan akuntan publik.

Pada tanggal 24 Mei 2007, IAPI barulah resmi berdiri setelah diputuskan melalui Rapat Umum Anggota.Saat ini, IAPI merupakan associate member of IFAC.

 

Referensi : 

Image Source: Google Images