Apa kamu ingin berkarier menjadi seorang Konsultan Pajak?Jika Kamu suka di dunia perpajakan dan akuntansi, mungkin saja kamu bias mempertimbangkan memilih karier sebagai seorang Tax Consultant.

Tax Consultant adalah sebutan bagi orang yang menawarkan jasa konsultasi di bidang perpajakan, untuk membantu wajib pajak baik perorangan maupun wajib pajak badan dalam melaksanakan keuangan yang bijak tentang pajak. Saat ini, konsultasi pajak menjadi kebutuhan bagi perusahaan baru, maupun perusahaan yang sudah maju. Seorang Tax Consultant akan mengumpulkan informasi tentang situasi keuangan klien dan menyusun strategi, untuk membantu mengurangi kewajiban pajak dengan mengambil keuntungan dari kredit dan pemotongan pajak.

Berikut tugas dan pekerjaan seorang Tax Consultant antara lain:

  • Melakukan perhitungan pajak, pembayaran pajak sampai pada pelaporan pajak dari klien.
  • Melakukan evaluasi data terkait dengan munculnya beban pajak yang dirasa tidak menguntungkan klien
  • Membantu menyusun pedoman perpajakan bagi klien
  • Mewakili dan/atau mendampingi klien saat ada pemeriksaan pajak
  • Melayani konsultasi perpajakan, melakukan perencanaan pajak, dan mengoptimalkan keuntungan bagi klien
  • Melakukan auditing intern untuk mengidentifikasi masalah dalam system keuangan dan memberikan saran untuk menyelidikinya.

Seorang konsultan pajak harus memiliki pemahaman yang solid dalam bidang perpajakan dan akuntansi, serta mampu beradaptasi dengan perubahan peraturan dan regulasi fiscal. Selain itu, mereka juga harus memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan klien dan berpartisipasi dalam proses pemeriksaan dan pelaporan keuangan.

 

Referensi :

https://news.bsi.ac.id/2022/08/16/pekerjaan-seorang-tax-consultant/

https://news.republika.co.id/berita/rgr5yz423/apa-sih-tugas-dan-pekerjaan-seorang-tax-consultant

Image Source: Google Images