PT Mei Bong membeli sebuah NFT senilai Rp 800 juta pada tanggal 1 November 2023. NFT tersebut adalah karya seni digital yang langkah dan dianggap bernilai tinggi di pasar NFT. PT Mei Bong memiliki niat untuk mempertahankan NFT sebagai investasi jangka panjang.  Dalam hal ini, PT. Mei Bong harus mengakui NFT sebagai aset tak berwujud pada tanggal pembelian. PT Mei Bong harus menilai NFT pada nilai yang wajar pada saat pembelian, yang dapat ditentukan berdasarkan harga pasar.

PT Mei Bong menentukan nilai wajar NFT sebesar Rp 800 juta pada tanggal pembelian, maka PT Mei Bong harus mencatat pembelian tersebut sebagai debit pada aset tak berwujud sebera Rp 800 juta dan kredit pada kas sebesar Rp 800 juta. Pada setiap akhir periode pelaporan, PT Mei Bong harus mengevaluasi nilai wajar NFT dan mencatat perubahan nilai tersebut sebagai keuntungan atau kerugian dalam laporan laba rugi.  Jika NFT mengalami kenaikan nilai pasar, maka PT Mei Bong akan mencatat keuntungan pada laba rugi. Sebaliknya, jika NFT mengalami penurunan nilai pasar, maka PT Mei Bong akan mencatat kerugian pada laba rugi.

PT Mei Bong harus menyajikan informasi tambahan tentang NFT didalam catatan atas laporan keuangan, termasuk deskripsi, nilai pasar, tanggal akuisisi, dan informasi relevan lainnya. Dalam hal PT Mei Bong memutuskan untuk menjual NFT, maka PT Mei Bong harus mencatat hasil penjualan tersebut sebagai debit pada kas dan kredit pada aset tak berwujud sebesar nilai tercatat pada saat penjualan. Jika PT Mei Bong berhasil menjual NFT dengan harga yang lebih tinggi dari nilai tercatat, maka PT Mei Bong akan mencatat keuntungan pada laba rugi. Sebaliknya, jika PT Mei Bong menjual NFT dengan harga yang lebih rendah dari nilai tercatat, maka PT Mei Bong akan mencatat kerugian pada laba rugi.

 

References

Micheal Higgins. (2021). The Future of Accounting : Will Digital Transformation Impact Accountants ?. Forbes Technology Council. May 19, 2021.

Media Industry Accounting Group. (2015). Making Sense of a complex world. Online gaming : Real issues in virtual worlds. Issue : 8, May 2015.

www.pwc.com/miag

Image Source: Google Images