Etika profesi sangat diperlukan dalam bisnis karena etika profesi berkaitan dengan bidang pekerjaan seseorang termasuk sebagai akuntan. Dengan adanya kode etik, seorang akuntan dapat menjadikan pedoman dalam kerja yang berprofesional.

Dalam bahasa Yunani, Etika berasal dari kata ethikos yang memiliki arti timbul dari kebiasaan. Sedangkan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), etika dalam ilmu tentang apa yang baik dan buruk, serta kumpulan nilai yang berhubungan dengan akhlak dan nilai benar atau salah yang dianut masyarakat. Para auditor ataupun para akuntan sangatlah diharapkan untuk tidak melakukan kecurangan  dikarenakan etika merupakan sebuah pondasi atau landasan bagi auditor dan akuntan dalam bersikap dalam beekerja.

Nilai-nilai etika ini sangatlah penting dimiliki dalam audit dikarenakan banyak masalah yang berkaitan dengan langsung maupun tidak langsung dengan auditing. Sudah ada banyak auditor yang mengahadapi permasalahan yang serius dikarenakan mereka melakukan kesalahan kecil. Namun dari kesalahan kecil tersebut lama lama terkumpul menjadi banyak sehingga menciptakan masalah yang sangat serius atau fatal yang menimbulkan kurangnya kepercayaan yang diberikan.Maka dari itulah diperlukan nilai etika guna untuk menciptakan suasana etis di lingkungan kerja

 

Referensi:

Image Source: Google Images