Ilmu Audit merupakan salah satu elemen yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan, baik yang bergerak di bidang industri barang atau jasa. Salah satu hal fundamental yang menyebabkan keilmuan audit begitu penting adalah keinginan perusahaan untuk membangun iklim efektif, ekonomis, dan efisien di lingkungan kerjanya. Agar para auditor pemula dapat memahami pengertian dari audit, maka terlebih dahulu harus memahami sejarah audit.

Asal-usul dari auditing dimulai lebih awal jika dibandingkan dengan asal-usul akuntansi. Awal audit terhadap perusahaan dimulai oleh pengaruh inggris yang juga turt bermigrasi ke Amerika Serikat pada akhir tahun 1800-an ketika para investor Inggris dan Skotlandia mengirimkan para auditornya untuk memeriksa kondisi perusahaan yang ada di Amerika, yang dimana mereka telah berinvestasi dalam jumlah yang cukup besar.

Bagaimana? Apakah melalui penjelasan diatas pembaca telah memahami asal muasal keilmuan audit? Jika sudah, marilah kita melanjutkan pembahasan mengenai pengertian dari audit.           

Berdasarkan dalam buku Audit Teknologi dan Assurance Edisi ke-2 yang dituliskan oleh Hall dan Singleton (2007), Audit adalah proses sistematis untuk mendapatkan dan mengevaluasi secara objektif bukti yang berkaitan dengan penilaian mengenai berbagai kegiatan dan peristiwa ekonomi untuk memastikan tingkat kesesuaian antara penilaian-penilaian tersebut dan membentuk kriteria serta menyampaikan hasilnya ke para pengguna yang berkepentingan.Siapa saja yang disebut pihak yang berkepentingan? Mereka adalah komite audit, direktur utama, auditee, dan pihak lain tergantung aturan dari masing-masing perusahaan.

Referensi:

Image Source: Google Images