Seperti diketahui bahwa perbankan syariah merupakan bank yang juga bertindak sebagai lembaga bisnis. Sebagai sebuah lembaga yang bersifat bisnis maka bank termasuk dalam hal ini bank syariah diharapkan senantiasa untuk selalu bisa dalam meningkatkan kinerja yang mereka miliki. Dan salah satu usaha untuk meningkatkan kinerja tersebut adalah dengan memperbaiki efisiensi yang ada. Seperti diketahui bahwa tingkat efisiensi merupajan tingkat yang bisa memberikan gambaran akan kinerja Lembaga bisnis. Termasuk dalam hal ini adalah perbankan. Sebuah bank yang efisien merupakan bank yang memiliki kinerja yang baik sedangkan bank yang tidak efisien merupakan bank yang tidak memiliki kinerja yang baik. Dengan begitu maka akan sangat penting untuk bisa memahami konsep efisiensi dari perbankan.

Apa yang dimaksudkan dengan efisiensi ? yang dimaksudkan dengan efisiensi adalah satu perbandingan antara yang terjadi antara pengeluaran atau output dengan masukan atau input. Dalam konsep efisiensi terdapat beberapa fakjor yang perlu diperhatikan. Diantaranya adalah input dengan jumlah yang sama diharapkan dapat memberikan output yang lebih besar serta input yang lebih kecil diharapkan bisa memberikan output yang sama serta input yang lebih besar dapat menghasilkan output dengan jumlah yang lebih. Secara internasional dalam bukunya Hidayat ( 2014 ) dalam mengutip Barr et al ( 1989 ) secara internasional efisiensi perbankan adalah berkaitan dengan jumlah input dan juga output yang ada.

Berkaitan dengan efisiensi pada bank syariah, terdapat beberapa kajian yang memberikan ulasan berkaitan dengan efisiensi pada bank syariah. Diantaranya adalah penelitian yang dilakukan oleh Bashir di tahun 2001 yang menegaskan bahwa pengendalian dalam lingkungan makro ekonomi serta struktur keuangan dan juga pajak merupakan faktor penentu yang dapat mempengaruhi pencapaian berbagai macam efisiensii perbankan yang berada di Kawasan Timur Tengah. Selain itu juga terdapat penelitian yang dilakukan oleh Hassan di tahun 2003 dimana dalam penelitiannya terdapat kajian atas efisiensi yang bersifat relatif pada berbagai bank syariah di negara Pakistan, Iran dan juga Sudan. Dari penelitian yang dilakukan tersebut terlihat bahwa tingkat efisiensi dari bank syariah di negara-negara tersebut ternyata lebih kurang dibandingkan dengan bank konvensional. Selain itu juga dalam penelitian yang dilakukan oleh Sufian dan Mohd Noor di tahun 2009 telah melakukan Analisa perbandingan berkaitan dengan pencapaian efisiensi dari bank syariah di Kawasan 16 negara yang ada di Timur Tengah, Afrika Utara dan juga Kawasan ASEAN ( mhy )

Referensi:

  • Hassan, Kabir, ( 2003), Cost, Profit and x-efficiency of Islamic Banks in Pakistan, Iran, and Sudan, Proceeding International Conference¬† On Islamic Banking: risk Management, Regulation, Supervision
  • Hidayat, Rahmat ( 2014 ), Efisiensi Perbankan Syariah, Teori dan Praktik, Gramata Publishing

Image Source: Google Images