Untuk menutup rangkaian kegiatan audit oleh auditor, maka akan dihasilkan sebuah laporan yang berkaitan dengan laporan keuangan dari klien / Perusahaan. Laporan ini berisi opini auditor / penilaian terhadap laporan keuangan yang diperiksa. Biasanya, laporan audit akan mengikuti standar yang berlaku (dapat dilakukan perubahan / pengembangan jika diperlukan).

Dalam laporan audit, ada beberapa tingkatan dalam laporan audit, antara lain:

  1. Unqualified Opinion
  2. Qualified Opinion
  3. Adverse Opinion
  4. Disclaimer

Tingkatan yang paling baik adalah unqualifed opinion, dimana auditor menyimpulkan bahwa laporan keuangan yang dihasilkan adalah wajar dan mengikuti standar Akuntansi yang berlaku. Sementara paling buruk adalah disclaimer dimana ada ketidakwajaran dengan tingkat materialitas yang tinggi dan dapat berpengaruh terhadap going-concern dari Perusahaan.

Berikut ini adalah beberapa Langkah dalam Menyusun Audit Report, antara lain:

  1. Tuliskan informasi tanggal, waktu dan lokasi dalam melaksanakan audit pada Perusahaan. Letakan informasi tersebut di atas
  2. Menjelaskan Langkah-langkah yang ditempuh auditor dalam menjalankan proses audit
  3. Berikan bukti-bukti pendukung atas segala temuan yang dihasilkan selama proses audit.
  4. Tuliskan kesimpulan yang ada dari ketidak cocokan / temuan yang ada
  5. Tandatangani laporan (bagian bawah)

Sumber: PPT BOL Method & Practice of Computerized Audit