Istilah Audit

No Istilah Pengertian
1 Analyze Menganalisis seluruh bagian yang ada, dimulai dari data (dokumen), pencatatan (laporan keuangan), hingga pihak kepentingan lainnya (pihak ketiga berupa vendor, supplier).
2 Check Memeriksa hasil perhitungan dari transaksi yang dicatat (perkalian atau pertambahan).
3 Compare Membandingkan 2 data atau lebih dengan memperhatikan persamaan dan perbedaan.
4 Scan Proses menelaah secara kritis tanpa memverifikasi lengkap.
5 Reconcile Mencocokan 2 sumber yang terpisah, apabila terdapat perbedaan perlu dijelaskan secara rinci dan detail.
6 Trace Memeriksa berdasarkan urutan input kepada output. Digunakan untuk memeriksa asersi completeness.
7 Vouching Memeriksa berdasarkan urutan output kepada input. Digunakan untuk memeriksa asersi existence.
8 Cut-off Menguji transaksi apakah tercatat pada waktu yang tepat, seperti apakah transaksi yang diakui pada akhir periode telah sesuai atau seharusnya diakui pada periode mendatang. Sebagai contoh: Transaksi pada 26 Desember dan barang diterima pada 03 Januari, maka pada 31 Desember untuk menutup pencatatan apakah diakui pada tahun tersebut atau tahun berikutnya.
9 Confirm Auditor mencari bukti tambahan dari sumber pihak ketiga. Konfirmasi terdiri dari konfirmasi positif dan konfirmasi negatif.
10 Testing Melakukan pengujian terhadap dokumen yang ditemukan. Pengujian dapat dilakukan dengan beberapa jenis pengujian sesuai dengan kebutuhan auditor.

Note: Pada asersi (Pendekatan manajemen) terdiri dari:

  1. Existence & Occurrence: Mengidentifikasi ketersediaan transaksi yang dicatat dengan dokumen yang valid. Contoh: Terjadi transaksi pada 27 November, maka pada tanggal 27 November tersaji dengan account yang tepat.
  2. Completeness: Kelengkapan dari pencatatan yang tersedia pada laporan keuangan.
  3. Right & Obligation: Pengakuan atas hutang atau asset yang dimiliki oleh perusahaan yang sesuai dengan nama yang tertera pada dokumen.
  4. Valuation or Allocation.
  5. Presentation and Disclosure.

Tickmark Standard

No Tickmark Pengertian
1 Footing Verified (^) Proses perhitungan penambahan secara vertikal (tanda diletakan dibawah total angka). Dalam excel, perhitungan yang dilakukan oleh auditor dari atas kebawah, seperti contoh pada laporan keuangan Income Statement dan sebagainya.
2 Cross Footing Verified (<) Proses perhitungan pertambahan secara horizontal (tanda diletakan diposisi samping kanan total angka). Auditor melakukan perhitungan dengan perbandingan rasio (Kalkulasi yang membandingkan antara 2 tahun/periode).
3 Calculation Verified (Co) Proses perhitungan pertambahan yang berada di samping kanan hasil perhitungan.
4 Checks againts general ledger and subledger Melakukan proses pencocokan dengan buku besar dan buku besar pembantu yang diletakan di samping kanan angka.
5 Vouching Pemeriksaan bukti transaksi berada di samping kanan angka.

Pada gambar dibawah ini merupakan contoh dari penginputan tickmark:

Gambar 1. Penyajian Hasil Audit (Tickmark)

REFERENSI

Agoes, S., & Trisnawati, E (2019). PRAKTIKUM AUDIT Instruksi Umum, Berkas Permanen, Permasalahan, dan Kertas Kerja Pemeriksaan Tahun Lalu – BUKU 1 (Edisi 4). Salemba Empat.