Di artikel sebelumnya telah dibahas mengenai fenomena penggunaan NFT pada generasi muda dan terdapat adanya 3 kriteria yaitu mereka yang mengerti dan menggunakan NFT; mengerti tetapi tidak mau menggunakan NFT; dan tidak mengerti sama sekali.

Bagi mereka yang mengerti dan menggunakan NFT menganggap bahwa karya yang dipublikasikan di blockchain sangat aman karena tidak dapat diganti dan dihapus, bahkan mereka menyatakan bahwa karuya tersebut akan ada selamanya di dalam blockchain. Selain itu juga mereka menyatakan bahwa dengan menggunakan blockchain, dalam menjual dan membeli karya NFT dapat dilihat oleh siapapun bahkan menjadi lebih bersifat transparan.

Isu selanjutnya adalah bagi seniman dan generasi muda, tentunya NFT adalah aset digital masa depan dan mempengaruhi nilai mata uang di masa depan. NFT dapat menjadi mata uang masa depan karena NFT tidak dapat dipalsukan, dan siapa pun dapat melihat siapa yang membelinya. Menurut mereka, efek terhadap nilai mata uang di masa mendatang adalah adanya kode-kode yang tidak bisa dipalsukan dan transparan sehingga harga jual ke depan bisa naik jika karya tersebut menarik dan bagus.

Bagi yang memahami dan tidak menggunakan NFT, mereka berpendapat bahwa NFT hanya untuk karya seni bukan untuk pembelian sehari-hari pada saat ini. Mereka menambahkan namun tidak menutup kemungkinan bahwa NFT akan dijadikan alat pembayaran nantinya walaupun saat ini ramai hanya karena sedang booming. Menurut mereka juga NFT bisa dijadikan alat pencucian uang karena belum ada regulasi yang mengatur. Mereka menganggap bahwa NFT belum bisa dijadikan mata uang karena memiliki resiko yang cukup besar.

Bagi mereka yang tidak mengerti NFT, mereka dijelaskan terlebih dahulu oleh Kak Pretty Mona dan juga Kak Tiara terkait apa NFT sebagai pendahuluan karena mereka hanya tau NFT sekedar mendengar namanya saja. Mereka mengungkapkan bahwa NFT saat ini sedang booming dan memang lebih untuk penjualan karya seni. Mereka sendiri menganggap bahwa NFT hanya buble dan hanya sebagai tren saja. Mereka tidak tertarik juga dengan NFT namun menurut mereka fenomena ini akan terus berlanjut ke masa depan.

Reference:

  • https://www.bbc.com/news/business-60566575