Main game merupakan salah satu cara untuk melepas penat dan juga saat ini bisa menjadi salah satu profesi. Game juga beragam, dimulai dari game simulasi, role play game (RPG), Battle Royale, First Person Shooter (FPS) sampai multiplayer online battle arena (MOBA). Semua game tersebut tentu memiliki game developer dan juga game publisher. Game developer adalah perusahaan game yang membuat game, memiliki asset virtual berupa semua komponen di dalam game tersebut, asset berupa gedung dan peralatan kantor lainnya, dan juga paten yang juga sebagai intangible asset.

Dalam membuat game dan menjalankan operasionalnya, penggunaan listrik tidak dapat dihindari. Misalnya saja jika game sudah launching, maka server yang digunakan untuk menampung data game tersebut perlu dijaga dan dalam membuat server, tentu tidak hanya isi data saja, tapi pengamanan data berlapis dan juga system deteksi penggunaan aplikasi pihak ketiga yang bisa membahayakan data dalam game. Tentunya dengan segala penggunaan data dan juga banyaknya aplikasi penunjang yang digunakan, tidak heran jika konsumsi listrik hanya untuk server sebanyak konsumsi litrik Jakarta, Bandung, Bekasi, dan Karawang jika digabungkan.

Dengan konsumsi listrik yang banyak tersebut, maka banyak yang mempertanyakan bagaimana emisi karbon yang dikeluarkan oleh para perusahaan game tersebut?

Seperti yang diungkapkan salah satu game publisher yang diwawancara oleh Kak Shania dan Kak Putri dalam penelitiannya Esport Ecosystem, Financial Behavior, and Carbon Emissions in Indonesian Urban Area, informan menyatakan bahwa sebagai game publisher, mereka tidak mengklaim karbon apapun selain dari kegiatan operasional game publisher tersebut. Terkait dengan karbon yang dihasilkan dan berhubungan dengan game, maka itu menjadi tanggung jawab dari game developer.

Berdasarkan data dari laporan keberlanjutan dan keuangan salah satu perusahaan game developer global, tidak ada secara rigit diungkapkan berapa banyak emisi karbon yang dihasilkan. Perusahaan game developer hanya menyebutkan bahwa mereka akan berkomitmen untuk dapat menurunkan emisi karbon yang mereka hasilkan tanpa menyebut berapa banyak emisi saat ini dan berapa target pengurangannya.

Semoga para game developer bisa mengungkapkan terkait dengan pengurangan emisi karbon dari yang mereka hasilkan secepatnya.

Reference: