Electronic sport (e-Sport) menjadi hal yang digemari oleh banyak generasi muda, khususnya Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). MOBA merupakan genre game dengan melibatkan banyak pemain sehingga bisa muncul komunikasi dan interasi. Dengan adanya avatar yang dimainkan sehingga memunculkan interaksi antar pemain lawan. Karena interaksi tersebut, menjadi banyak penonton yang menikmati permainan sehingga membuat permainan semakin ramai dan membuat sponsor juga ikut melirik tim yang bertanding.

Dengan adanya keramaian dan juga sponsor yang ikut memberikan dana kepada tim, maka acara yang diadakan bukan hanya pertandingan saja. Beberapa atlet e-sport juga melakukan streaming untuk juga mempromosikan sponsor mereka.

Karena animo yang begitu besar, maka perusahaan game juga mengambil kesempatan tersebut untuk membuat liga yang besar sebagai tempat untuk para tim dan juga supporter berkumpul. Mereka bertanding secara sehat dalam kompetisi e-sport.

Dalam kompetisi tersebut, mereka harus memberikan investasi dan juga mempersiapkan tim. Para tim juga melakukan perhitungan terlebih dahulu mengenai nominal investasi yang harus diberikan dan juga return atas investasi tersebut. Mereka tentunya memilki tim khusus dan juga mendapatkan banyak support sehingga mereka meraih banyak return. Mereka mendapatkan crowd dan juga mendapatkan nama tim yang terus digaungkan.

Atas fenomena inilah, kedua mahasiswa akuntansi yaitu Louis dan Jose Binusian 2022 mengambil skripsi artikel ilmiah yang berkaitan dengan investasi dalam franchise league dan mengantar mereka lulus studi dari Binus University.

Reference:

  • https://esports.skor.id/mengenal-lebih-dalam-apa-itu-franchise-league-01386453