Setelah teman-teman mengetahui tantangan dalam pemanfaatan teknologi keuangan berkaitan dengan transaksi di pasar modern dan tradisional, sekarang teman-teman bisa mengetahui apa kemungkinan solusi yang bisa dijalankan di pasar modern dan tradisional dalam menjawab tantangan COVID 19, teknologi keuangan yang ada, dan pola, serta daya beli Gen X atau baby boomers terhadap pasar.

Pertama, pengelola pasar bisa memberikan promosi berupa poin yang dapat dikumpulkan oleh customer dan nantinya bisa ditukarkan dengan kebutuhan pokok. Poin tersebut dapat juga dijadikan sarana dalam mengambil data customer atau pembeli, sehingga mereka dapat dengan mudah mendapatkan informasi promosi dari pengelola pasar.

Kedua, pengelola juga bisa memberikan promosi yang mendatangkan influencer untuk berbelanja di pasar dan kemudian praktek masak menggunakan bahan-bahan yang ada dalam pasar tersebut. Tentunnya pasti ada beberapa kios yang diambil gambarnya untuk keperluan shooting pasar tersebut.

Ketiga, komunikasi dengan pedagang dan pembeli sangat penting. Tidak ada  salahnya mendengarkan feedback dari para pedagang dan pembeli karena mereka juga merupakan stakeholder dari pasar modern dan tradisional.

Keempat, dukungan penuh pemerintah terhadap pasar modern dan pasar tradisional dalam pemanfaatan teknologi dan juga pemugaran pasar. Pasar perlu untuk direnovasi agar lebih bersih sehingga bisa menarik pembeli kembali.

Kelima, bersiap bahwa kemungkinan adanya perubahan tipe konsumen di pasar. Perubahan ini berupa konsumen pribadi berubah menjadi konsumen yang membeli bahan makanan untuk dimasak di rumah makan atau usaha mereka. Dengan begitu, pasar bisa menjadi pusat pemasok bagi kebutuhan penjual makanan. Namun, ketika itu terjadi, berarti pasokan akan selalu dikirim ke tempat penjual atau rumah makan tersebut dan fungsi mereka membuka kios di pasar akan menjadi berkurang, karena tinggal mengirimkan barang ke pembeli tanpa harus menggelar jualan. Dengan begitu, tantangan baru lagi muncul bagi pengelola pasar karena banyak kios yang tidak akan melanjutkan sewanya karena adanya pergeseran fungsi pasar tersebut.

Referensi:

  1. https://www.detik.com/jabar/berita/d-6191140/pengertian-pasar-tradisional-contoh-dan-kegiatannya
  2. Hasil Interview