Tahukah teman-teman kalau kemacetan di jalan tol pada Rabu dan Kamis itu bukan hanya dikarenakan oleh volume kendaraan tinggi, tapi juga banyak truk container, mobil wing box,  serta mobil angkutan barang lainnya yang lalu Lalang.

Bukan karena mereka iseng untuk nganterin barang pas hari Rabu atau Kamis, tapi karena pertemuan aktivitas export dan import. Aktivitas export import tidak bisa lepas dari adanya perjalanan lintas laut atau udara, dan darat.

Di dalam import, jika kapal sudah sandar, biasanya perusahaan akan menerima notifikasi terkait dengan kedatangan kapal kargo dan juga respon dari  bea cukai terkait dengan dokumen yang kita submit. Ada 3 jenis respon yang diberikan yaitu merah, kuning, dan hijau.

Jika respon merah, maka artinya dokumen diperiksa detail baru barang bisa diambil. Jika kuning, maka dokumen diperiksa berbarengan dengan barang yang bisa diambil, terakhir, untuk hijau, maka barang diambil dulu, baru dokumen dicek.

Jika kapal sandar hari Minggu, maka freight forwarder akan menginformasikan kepada perusahaan consignee atau penerima atas kedatangan kapal. Lalu setelahnya, di hari Senin mereka submit dokumen dan biasanya Selasa sudah ada respon sehingga di hari Rabu atau Kamis, container bisa diambil dari Pelabuhan. Container datang bukan dengan mobil truknya, jadi harus ada truk yang menjemput ke Pelabuhan untuk diantarkan ke perusahaan.

Selanjutnya untuk ekspor, perlu diketahui bahwa perusahaan harus memasukkan container ke kapal sebelum closing. Jika kapal berlayar pada hari Minggu, maka biasanya closing antara hari Kamis atau Jumat. Jika barang tidak siap dan tidak diantar sebelum closing kapal, maka pengiriman dianggap batal. Oleh karenanya, perusahaan perlu mengejar sebelum closing kapal. Oleh karenanya, pasti hari Kamis sore, banyak mobil pengangkut barang yang menuju Pelabuhan Tanjung Priok walaupun di pagi dan siang harinya tidak ramai mobil pengangkut barang.

Nah dari sini kita tahu bahwa hari Rabu dan Kamis adalah hari pertemuan mobil pengangkut barang di jalan menuju dan dari Pelabuhan, khususnya kalau di Jakarta dan sekitarnya adalah Pelabuhan Tanjung Priok. Jadi tahu kan alasannya kenapa di kedua hari itu pasti macet.

Image Sources: Istimewa