Selama masa perang dunia kedua, banyak regulasi mengalami perubahan. Pada masa ini, akuntan perlu untuk terus melakukan pencatatan dan berlaku sebagai seorang auditor. Meski regulasi perpajakan dan manufaktur terus berkembang dan membutuhkan kemampuan para akuntan, namun tidak sedikit kantor akuntan publik yang hancur karena para staf bergabung dengan militer. Meski demikian, salah satu kantor akuntan publik, yaitu Deloitte, yang pada masa ivtu merupakan gabungan dari Haskins & Sells; Touche, Niven & Co; serta McLaren, Goode, West and Company menyediakan sejumlah partner kepada mesin perang Washington. Peran dan usaha mereka membantu Amerika memastikan kemenangan dan kemudian membawa inovasi di bidang akuntansi dan audit.

Pada 1944, jumlah pajak yang berhasil dikumpulkan oleh Pemerintah Amerika Serikat bahkan mencapai dua kali dibandingkan tahun sebelumnya. Salah satu akuntan yang memiliki peranan penting dalam perang dunia kedua adalah Arthur H. Carter. Arthur yang pada perang dunia pertama merupakan kolonel dipanggil Kembali di perang dunia kedua sebagai akuntan eksekutif. Arthur sendiri merupakan managing partner di kantor akuntan publik Haskins & Sells. Pada perang dunia kedua ini, peran dari Arthur adalah untuk bertanggungjawab atas pencatatan fiscal dan akuntansi dari departemen perang. Arthur sendiri kemudian diberikan gelar jenderal brigadier dan dipromosikan menjadi jenderal mayor pada 1943. Ia juga menerima gelar Distinguished Service Medal di perang dunia pertama dan mendapatkan Oak Leaf Cluster di perang dunia kedua. Salah satu yang akuntan lain yang membantu Arthur H. Carter adalah Andrew Stewart, yang merupakan senior partner dari Haskins Sells. Bersama dengan Arthur, Andrew bertugas untuk mengatur lebih dari 10 ribu pekerja yang bertugas untuk melakukan penerbitan sekitar 8 juta lembar cek setiap bulannya dengan jumlah yang mencapai $500 juta setiap bulannya. Keduanya juga bertugas untuk melakukan pengawasan terkait dengan audit atas biaya tambahan, biaya konstruksi tetap, serta kontrak suplai.

Sumber:

  • Flesher, D. L., Previts, G. J., Jobe, M. E., & Sharp, A. D. (2017, October). CPA Journal. Retrieved from CPA Journal: https://www.cpajournal.com/2017/11/24/icymi-one-accounting-firms-contributions-world-war-ii/

Image Sources: Google Images