Accounting

KEBIJAKAN EKONOMI TERHADAP PANDEMIC COVID-19

Tahun 2020, WHO telah menetapkan situasi PANDEMIC karena COVID-19 diseluruh dunia termasuk Indonesia, karena kejadian ini yang berdampak tidak hanya dari sektor kesehatan namun juga sektor ekonomi. Pada sektor ekonomi berdampak pada penurunan minat pembelian publik sehingga penjualan pun ikut menurun. Pemutusan hubungan kerja, dan bahkan berdampak pada nilai tukar rupiah terhadap dolar USD. Dalam menanggapi kejadian ini pemerintah memberlakukan beberapa kebijakan untuk meningkatkan minat pembelian , menanggapi penurunan penjualan yang berdampak pada penurunan penghasilan perusahaan, dan juga kepada karyawaan yang menjadi korban PHK serta kebijakan dalam memperkuat nilai tukar rupiah.

Pada sisi meningkatkan pembelian kebijakan yang dibuat oleh pemerintah antara lain :

  1. Penangguhan kredit publik ke leasing
  2. Memberikan potongan pembayaran listrik dengan daya listrik tertentu
  3. Memberikan potongan mobile data / internet
  4. Menanggung pajak penghasilan orang pribadi tertentu

Pada sisi meningkatkan penjualan dan juga penghasilan perusahaan bisnis yaitu :

  1. Menurukan pajak penghasilan perusahaan
  2. Menurunkan bunga pinjaman
  3. Membebaskan PPh 22
  4. Pengembalian pendahuluan PPN bagi PKP berisiko rendah

Untuk sisi publik yang menjadi korban PHK dan kehilangan penghasilan, pemerintah memberikan layanan Pra-kerja dan bantuan sosial.

Dalam meningkatkan nilai tukar rupiah pemerintah dengan Bank Indonesia (BI) membuat kebijakan yaitu :

  1. Bank Indonesia akan meningkatkan intervensi strategis di pasar domestik non-deliverable forward (DNDF) dan pasar sekuritas pemerintah (SBN)
  2. Bank Indonesia akan memperluas jenis transaksi yang mendasarinya bagi investor asing sehingga bahwa mereka dapat memberikan alternatif untuk memberikan perlindungan nilai bagi kepemilikan rupiah.
  3. Memperpanjang tenor repo SBN hingga 12 bulan
  4. Melakukan pembiayaan terhadap UMKM dan sektor prioritas lainnya.
  5. Mendukung kebijakan bantuan pemerintah dalam bentuk non tunai seperti program pra-kerja dan bantuan sosial,

Dari seluruh kebijakan yang dibuat diharapkan akan dapat membantu seluruh publik baik masyarakat dan juga perusahaan yang ada di Indonesia, tentu nya kebijakan ini akan berlangsung jika seluruh publik dapat bekerjasama dan terus mengikuti anjuran dari pemerintah agar kita bersama sama berjuang melewati pandemic ini.

Refrensi : https://www.bi.go.id/id/publikasi/kebijakan-moneter/tinjauan/Pages/Tinjauan-Kebijakan-Moneter-Maret-2020.aspx

MK