People Innovation Excellence
 

MEMAHAMI EVOLUSI SISTEM INFORMASI

Perkembangan teknologi sangat diperlukan bagi kehidupan manusia, karena dengan adanya perkembangan teknologi, perkembangan peradaban manusia mulai berkembang dan juga perubahan sosial manusia diberbagai bidang. Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat perkembangan Sistem Informasi Akuntansi juga ikut mengalami perkembangan dan perubahan.

Evolusi sistem informasi terdiri dari :

  • Evolusi hardware
    • 1946-1956 : tabung kedap udara sebagai media proses dan penyimpanan informasi.
    • 1957-1963 : transistor sebagai media proses dan penyimpanan informasi.
    • 1964-1979 : sirkuit terintegrasi dalam chip silikon. Adanya software yang dapat digunakan oleh orang-orang non teknik
    • 1980-1995 :
      • Sirkuit terintegrasi skala besar (ratusan ribu sirkuit dalam satu “chip” yang kecil)
      • Ultra large scale integration (ULSI) 10 juta transistor dalam satu chip
      • Relatif murah, digunakkan secara luas
    • 1996-sekarang
      • Sirkuit “Grand Scale Integrated (GSI), 1 miliar transitor dalam 1 “chip”
      • Pemrosesan data secara paralel (massively parallel processing)
      • Komputer yang memperbaiki diri sendiri (self healing computer), komputer dapat memperbaiki sendiri jika ada problem, tanpa ada intervensi manusia. Misalnya : superkomputer di National Center for Atmospheric Research, Amerika Serikat.
  • Evolusi perilaku bisnis

Perekonomian lama & perekonomian baru/digital

Perekonomian digital adalah perekonomian yang didasarkan pada teknologi digital termasuk jaringan komunikasi, komputer, software dan lain sebagainya.

No Aktivitas Perekonomian Lama Perekonomian Baru
1. Pembelian dan penjualan buku Data ke toko buku, pilih dan bayar Masuk ke situs web penerbit, buku/toko, bayar melalui E-banking. Barang dikirim ke rumah
2. Pendaftaran mata kuliah (KRS) Datang ke kampus, isi formulir, bayar Masuk ke situs web kampus, log in untuk registrasi mata kuliah. Situs web secara otomatis akan menerima atau mengolah pendaftaran saudara
3. Perkuliahan Datang ke kampus, masuk kelas, mengumpulkan tugas, mendengarkan kuliah Buka situs web kampus untuk masuk ke materi kuliah forum diskusi, upload tugas
4. Pengambilan dan cetak foto Beli film, masukan pada kamera, Rol Film dibawa ketempat cuci cetak foto Dengan kamera digital, hasil bisa dilihat di komputer, dikirim, dicetak.
5. Pembelian bensin Datang ke pompa bensin, mengisi bensin, bayar dengan tunai atau kartu kredit Dengan kartu langganan (chip), datang ke pompa bensin. Dekatkan kartu chip pada sensor, anda langsung pergi. Jumlah pembayaran langsung dibebankan pada kartu kredit.
6. Belanja disupermarket Barang belanjaan dibawa ke kasir yang akan menggesahkan “Bar Code”. Anda bayar ke kasir. Barang-barang mempunyai label identifikasi berfrekuensi radio nirkabel. Barang anda melewati lorong pemindai.
7. Lelang pengadaan barang dan jasa Peserta lelang datang ke kantor mengambil persyaratan, mengikuti penjelasan, menyerahkan dokumen penawaran. Peserta lelang melihat persyaratan melalui situs web perusahaan. dokumen penawaran dikirim melalui email.
8. Pembelian tiket transportasi Datang di agen perjalanan, pesan, bayar, ambil tiket. Buka situs web perusahaan, pesan melalui situs web, bayar melalui e- banking, cetak tiket. Kartu elektronik nirkabel, menggantikan koin untuk pembayaran karcis kereta/bis.

  • Evolusi software
  • Inovasi teknologi. Inovasi teknologi menciptakan pasar, diikuti tarikan pasar mendorong evolusi.

Evolusi Model Sistem informasi Akuntansi

  1. Model Proses Manual: bentuk yang paling tua dan tradisional dari sistem akuntansi, membentuk peristiwa-peristiwa fisik, sumber daya personal yang mencirikan kebanyakan proses bisnis.
  2. Model Flat File : menjelaskan suatu lingkaran dimana file-file data individu tidak berkaitan file-file lainnya. Pemakaian akhir mempunyai file data dan tidak menggunakan bersama pemakai lainnya.
  3. Model sistem basis data: menggambarkan pemusatkan data perusahaan ke dalam satu basis data bersama yang dibagi bersama dengan semua pengguna. Akses ke sumber daya data dikendalikan melalui system manajemen basis data (database management system-DBMS). DBMS adalah peranti lunak system khusus yang di program untuk mengetahui elemen data mana yang penggunanya memiliki hak untuk mengaksesnya. Program dari pengguna akan mengirim permintaan data ke DBMS, yang akan menvalidasi serta mengotorisasi akses ke basis data berdasarkan tingkat otoritas pengguna. Jika pengguna meminta data yang tidak sesuai dengan hak aksesnya, permintaan itu akan ditolak.
  4. Model sistem REAREA adalah kerangka kerja akuntansi untuk pemodelan resources (sumber daya), events (kegiatan), dan agents (pelaku) perusahaan yang sangat penting, dan hubungan diantaranya. Dari tempat penyimpanan ini, tampilan pengguna dapat dibentuk untuk memenuhi kebutuhan semua pengguna dalam perusahaan. Ketersediaan beberapa tampilan memungkinkan penggunaan data transaksi secara fleksibel dan memungkinkan pengembangan system informasi akuntansi yang mendorong, dan bukan menghambat, integrasi.
  5. Model sistem ERP. ERP adalah model sistem informasi yang memungkinkan perusahaan mengotomatiskan dan mengintegrasikan berbagai proses bisnis utamanya selain itu berbagai hambatan fungsional tradisional dapat diatasi karena system ini menfasilitasi adanya data bersama di antara semua pengguna di perusahaan.

(MY)

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close