Ketika memulai sebuah usaha, salah satu yang harus diperhatikan adalah strategi yang akan digunakan untuk menjalankan usaha tersebut. Banyak strategi yang bisa kita pilih sebagai cara untuk menjalankan usaha, berikut adalah di antaranya (Garrison, 2015):

  1. Customer Intimacy Strategy
    Adalah strategi yang diterapkan di dalam sebuah usaha dengan memahami dan juga merespon apa yang diinginkan oleh customer sasaran dari usaha tersebut dibandingkan dengan competitor lainya. Misalnya saja jika banyak permintaan adanya almond milk di kedai kopi dari customer dan harga yang ditetapkan masih masuk akal, maka kedai kopi tersebut akan mencoba untuk memberikan produk tersebut kepada customernya. Hal ini sebagai jawaban atas keinginan dari customer.
  2. Operational Excellence Strategy
    Strategi yang digunakan dengan operational excellence, umumnya digunakan untuk mengirimkan produk dan memberikan jasa dengan cepat dan juga harga yang murah dibandingkan dengan competitor lainnya. Strategi usaha ini bisa ditetapkan untuk perusahaan yang mengedepankan service yang baik.
  3. Product Leadership Strategy
    Strategi yang digunakan adalah dengan cara menetapkan produk yang memang dihasilkan adalah produk dengan kualitas terbaik dan berbeda dengan produk sejenis lainnya. Hal ini bisa dibarengi juga dengan barang yang harganya mahal karena kualitasnya yang bagus. Contoh strategi usaha ini bisa dilihat pada usaha yang memang memiliki kualitas barang yang bagus dan awet, serta membuat penggunanya memiliki prestige.

Jadi strategi manakah yang akan kamu pilih untuk memulai usahamu?

Image Sources: SPH