Masalah banyak berada di sekitar kita, bukan hanya masalah seputar keseharian kita saja, namun juga lainnya terkait dengan akuntansi. Misalnya saja kita bisa menonton berita di youtube atau membaca dari kanal berita baru terkait dengan akuntansi dan juga keuangan baik dari dalam negeri maupun untuk luar negri. Fenomena penelitian memang lebih baik menitikberatkan kepada urgensi dan juga keterikatan antar rumpun ilmu yang terkait.

Akuntansi saat ini tidak bisa lepas dari keterikatan antar rumpun ilmu lainya karena pada setiap proses bisnis atau perusahaan atau aktivitas non-profit lainnya, akuntansi akan selalu menjadi penyedia informasi secara kuantitatif dan juga kualitatif terkait dengan kondisi perusahaan atau organisasi tersebut. Akuntansi bukan hanya sebagai penyedia data saja, namun juga informasi yang dapat diberikan terkait dengan kebijakan perusahaan atau organisasi tersebut, bahkan untuk lingkup yang lebih luas dapat juga pada lingkup negara dan antar negara. Dengan adanya fenomena yang cukup luas, maka akan banyak yang dapat dilihat dari sisi urgensitas dan juga masalah yang muncul berkaitan dengan akuntansi dan keuangan tersebut.

Lalu apakah seluruh masalah bisa menjadi fenomena penelitian?

Kita harus mencari urgensi dan juga data yang memang dapat didapatkan dari untuk solusi tersebut, baik data secara kualitatif dan juga data secara kuantitatif. Data kualitatif bisa didapatkan dari hasil wawancara serta observasi, sementara itu untuk data kuantitatif bisa didapatkan salah satunya dari data berupa angka atau kuantitatif yang ada di dalam laporan keuangan perusahaan.

Image Sources: SPH