Artikel ini merupakan artikel pembuka untuk pembahasan penelitian-penelitian terkait dengan keputusan dalam pembayaran dividen. Keputusan dalam pembayaran dividen ini dapat berarti keputusan untuk membayar dividen dan juga keputusan terkait besarnya dividen yang dibayarkan. Namun sebelum dibahas terkait dengan hal-hal tersebut, akan dibahas dahulu isu-isu terkait dengan pembayaran dividen.

Dividen merupakan salah satu isu penting yang sering kali menjadi topik pembahasan yang menarik tidak hanya bagi perusahaan namun juga bagi para investor. Hal tersebut terjadi akibat adanya anggapan terkait pentingnya dividen sebagai bentuk komunikasi dari kondisi perusahaan kepada pasar (Sharma, 2011). Dalam hal itu, terdapat pandangan yang menyatakan bahwa kemampuan membayar dividen diartikan sebagai sinyal bahwa perusahaan memiliki kinerja yang bagus. Meskipun begitu, terdapat pula pendapat yang berlawanan dengan hal itu. Sebagai contohnya, bagi beberapa orang, pembayaran dividen dikaitkan dengan kondisi bahwa perusahaan kekurangan ruang untuk berkembang atau berinvestasi sehingga perusahaan lebih memilih untuk mengembalikan kas kepada pemilik perusahaan daripada berinvestasi.

Selain itu, beberapa investor menilai baik-buruk investasinya dari peningkatan nilai saham dan juga pembayaran dividen yang dilakukan oleh perusahaan. Dalam hal itu, Allen dan Michaely (1995) menyatakan bahwa dividen menjadi topik yang menarik karena keputusan pembayaran dividen merupakan salah satu kebijakan besar dalam hal keuangan perusahaan yang dihadapi oleh pimpinan suatu perusahaan. Hal tersebut mungkin saja terkait dengan kondisi bahwa pembayaran dividen melibatkan jumlah kas yang tidak sedikit, sehingga keputusan pembayaran dividen harus dianalisis dengan sangat tepat.

Artikel-artikel selanjutnya dari seri ini akan mebahas mengenai pennelitian-penelitian terkait dengan pembayaran dividen, sebagai contohnya hal-hal apa yang mempengaruhi keputusan pembayaran dividen dan besarnya pembayaran yang dilakukan.

References:

  • Allen, F., & Michaely, R. (1995). Dividend policy. Handbooks in operations research and management science, 9, 793-837.
  • Sharma, R. (2011). Stock Price Behaviour around Dividend Announcements: An Event Study Methodology. Vilakshan: The XIMB Journal of Management, 8(2), 23-32.

Image Sources: Google Images