Saat ini, banyak pengimplementasian Enterprise Resource Planning (ERP) yang sudah menggunakan basis teknologi cloud computing, sehingga lebih dikenal dengan Cloud ERP. Hal ini membuat informasi yang lebih mudah diakses, lebih terjangkau, dan memiliki dampak yang lebih signifikan (Seidor, 2019). Setelah penerapan ERP berbasis cloud, pengembangan atas ERP masih akan terus berjalan.

Di masa mendatang, ERP dinilai akan berkembang pesat dari segi user interface (UI) untuk menjembatani kebutuhan serta keinginan dari customer serta pekerja. Hal ini didasari oleh perkembangan sosial media yang pesat yang dinilai akan mendorong para pekerja di masa mendatang yang berasal dari kaum muda menginginkan ERP yang lebih fleksibel dan mampu mendukung penggunaan untuk kolaborasi dengan pengguna lainnya. Perkembangan ini mendorong ERP akan menjadi lebih user-friendly dengan pengguna.

Perkembangan teknologi jaringan juga akan mendukung perkembangan ERP, dimana perkembangan teknologi jaringan 5G akan mendorong agar ERP mampu diakses melalui ponsel sehingga akan meningkatkan mobilitas dari penggunaan ERP itu sendiri. Dengan pesatnya perkembangan teknologi yang ada, pengembangan ERP juga akan disokong oleh perkembangan dari teknologi terkini, seperti AI atau machine learning, yang akan mendukung ERP untuk memiliki kemampuan atas analisis secara mendalam yang mampu menaikkan kemampuan Business Intelligence perusahaan. Kemampuan Business Intelligence yang meningkat juga akan mendukung sistem pelaporan untuk terus meningkat menjadi lebih baik.

ERP juga akan terus berkembang untuk mampu melakukan integrasi dengan lebih komprehensif, dimana ERP di masa mendatang akan terus ditantang untuk mampu memberikan solusi atas berbagai masalah dengan rentang waktu yang lebih singkat dan mampu menampung data yang berasal dari berbagai sumber dan tetap terintegrasi secara baik.

Sumber:

  • Sage Software. (n.d.). Sage Software. Retrieved from Sage Software: https://www.sagesoftware.co.in/blogs/future-of-erp-technology-in-next-5-years/
  • Seidor, B. (2019, December 20). SAP. Retrieved from SAP: https://news.sap.com/africa/2019/12/what-does-the-future-look-like-for-erp-systems/

Image Sources: Google Images