Bagian keempat dari bahasan mengenai penelitian-penelitian terkait dewan komisaris, akan dibahas mengenai isu terkait dengan terkooptasinya dewan komisaris. Kooptasi dewan komisaris disini dapat diartikan sebagai kondisi dimana pemilihan anggota dari dewan komisaris dipengaruhi oleh manajer suatu perushaan. Sebagai dampaknya, anggota dewan direksi yang terkooptasi akan memiliki keengganan untuk melakukan pengawasan yang ketat kepada manajer yang telah berjasa dalam penunjukannya sebagai anggota dewan komisaris.

Pelopor dari jenis penelitian ini salah satunya adalah Coles et al. (2014). Mereka beranggapan bahwa masalah kooptasi ini adalah salah satu faktor yang bertanggung jawab atas hasil-hasil yang kontradiktif dari penelitian-penelitian terkait dengan kemampuan dewan komisaris melakukan tugasnya sebagai pengawas. Hal tersebut terjadi karena penelitian-penelitian terdahulu mengenai dewan komisaris tidak memperhitungkan status kooptasi dari anggota dewan komisaris. Tentu saja status tersebut menjadi sangat penting karena terdapat kemungkinan bahwa seorang anggota dewan komisaris yang tidak melakukan tugasnya secara maksimal diakibatkan dirinya memiliki motivasi yang lemah untuk mengawasi manajer perusahaan yang telah membantunya mendapatkan posisi sebagai dewan komisaris.

Terkait hal itu, Coles et al. (2014) menemukan bahhwa semakin banyak jumlah anggota dewan komisaris yang terkooptasi maka turnover-performance sensitivity akan menghilang, gaji dari manajer meningkat, dan investasi atas asset berwujud meningkat. Sejalan dengan hal tersebut, menggunakan sampel data dari 2,548 perusahaan di US selama periode 1996 – 2015, Lartey et al. (2021) menemukan bahwa status kooptasi berpengaruh secara positif terhadap leverage perusahaan. Kedua penelitian diatas menunjukkan bahwa status kooptasi dari anggota dewan direksi menurunkan performanya dalam melakukan pengawasan terhadap manajer perusahaan.

Reference

  • Coles, J. L., Daniel, N. D., & Naveen, L. (2014). Co-opted boards. Review of Financial Studies, 27(6), 1751-1796.
  • Lartey, T., Danso, A., & Boateng, A. (2021). Co-opted boards and capital structure dynamics. International Review of Financial Analysis, 77, 101824.

Image Sources: Google Images