Artikel ini akan membahas mengenai salah satu metode pengukuran yang digunakan oleh beberapa peneliti untuk mengukur tingkat ke-generalisasi-an dari latar belakang, kemampuan, dan pengetahuan seorang CEO. Metode ini diprakarsai oleh Custodio et al. (2013). Dalam metodenya, Custodio et al. (2013) menamai pengukuran tersebut dengan nama general ability index (GAI). Pengukuran tersebut didasarkan pada pengalaman kerja sang CEO pada perusahaan yang terdaftar di bursa saham di periode sebelum jabatan CEO-nya sekarang. Custodio et al. (2013) menjelaskan bahwa metode ini digunakan untuk mengukur kemampuan dari CEO yang bersifat umum sehingga kemampuan tersebut dapat di transfer ke berbagai industri dan perusahaan. Custodio et al. (2013) menggunakan lima faktor terkait dengan latar belakang dan pengalaman CEO untuk mengukur GAI tersebut. Kelima faktor tersebut adalah:

  1. Jumlah posisi yang pernah di jalani oleh sang CEO. Dalam faktor ini, semakin banyak posisi yang dijalani oleh CEO menandakan bahwa CEO tersebut memiliki pengalaman yang bermacam-macam.
  2. Jumlah perusahaan dimana sang CEO pernah bekerja. CEO yang pernah bekerja di lebih banyak perusahaan dianggap memiliki kemampuan yang lebih bersifat umum.
  3. Jumlah jenis industri dari perusahaan dimana sang CEO pernah bekerja. Semakin banyak jumlah industri menandakan bahwa pengalaman sang CEO lebih beragam. Hal tersebut dapat mengindikasikan bahwa CEO dengan jumlah industri yang banyak merupakan CEO yang kemampuannya tidak bersifat spesialis.
  4. Pengalaman kerja menjadi CEO pada perusahaan sebelumnya.
  5. Pengalaman kerja sang CEO pada perusahaan konglomerasi.

Custodio et al. (2013) kemudian menghitung GAI dengan menggunakan principal component analysis terhadap kelima factor diatas. Indeks tersebut kemudian di standardisasi sehingga berada pada rentang nilai 0 dan 1, dimana semakin tinggi nilai dari indeks tersebut menandakan semakin tinggi tingkat ke-generalisasi-an kemampuan dari sang CEO.

References:

  • Custódio, C., M. A. Ferreira, and P. Matos. 2013. Generalists versus specialists: Lifetime work experience and chief executive officer pay. Journal of Financial Economics 108 (2): 471–92.

Image Sources: www.pexels.com