Uji Hausman diartikan sebagai pengujian untuk memilih model yang terbaik yaitu antara fixed effect model dengan random effect model.  Uji Hausman atau yang sering disebut dengan istilah Hausman Test adalah uji yang digunakan untuk menentukan metode yang terbaik antara fixed effect ataukah random effect. Dalam kesempatan ini akan kita bahas bagaimana cara melakukan Hausman Test dengan Eviews Dalam Regresi Data Panel. Uji Hausman bertujuan untuk menentukan model yang terbaik antara pendekatan efek acak (random effect) dan metode efek tetap (fixed effect) yang sebaiknya dilakukan dalam pemodelan data panel. Dasar pengambilan keputusan dalam uji hausman dilihat dari nilai probability cross-section random (Widarjono, 2009).

  1. Jika nilai probability cross-section random < 0,05, maka model yang dipilih adalah pendekatan efek tetap (fixed effect).
  2. Jika nilai probability cross-section random > 0,05, maka model yang dipilih adalah pendekatan efek acak (random effect).

 Sebagai contoh berikut ini hasil uji Hausman dalam penelitian disajikan dalam table 1 berikut ini :

         
         
Test Summary Chi-Sq. Statistic Chi-Sq. d.f. Prob.
         
         
Cross-section random 12.503318 4 0.0140
         

Tabel 1 Uji Hausman

Hipotesis :

 : Random Effect Model (nilai probabilitas > 0.05)

 : Fixed Effect Model (nilai probabilitas < 0.05)

Berdasarkan hasil estimasi uji Hausman pada tabel 1, dapat dilihat bahwa nilai signifikansi probabilitas cross section random lebih kecil dari nilai signifikansi (0.0140 < 0.05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa  ditolak dan  diterima, dan demikian model yang dipilih adalah fixed effect model.

Sebagai contoh lain berikut disajikan hasil uji hausman dengan menggunakan correlated random effects-hausman test dapat dilihat pada table 2 berikut ini :

Tabel 2  Hasil Uji Hausman dengan Menggunakan Correlated Random Effects – Hausman Test

Correlated Random Effects – Hausman Test  
Equation: Untitled    
Test cross-section random effects  
         
         
Test Summary Chi-Sq. Statistic Chi-Sq. d.f. Prob.
         
         
Cross-section random 5.139662 5 0.0291
         
         
         

Sumber : hasil pengolahan data 2021

Hasil Uji Hausman menunjukkan nilai probability cross-section random sebesar 0.0291. Nilai tersebut bernilai dibawah 0,05. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan uji hausman yang telah dijelaskan diatas, maka model yang dipilih adalah pendekatan efek tetap (fixed effect).

Referensi:

  • Widarjono, Agus. 2009. Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya, Edisi Ketiga. Yogyakarta: Ekonesia.

Image Sources: Google Images