Random effect merupakan pendekatan untuk mengestimasi data panel yang residual memiliki kemungkinan saling berhubungan antar waktu dan individu. Dalam model random effect, parameter-parameter yang berbeda antar individu dan antar waktu dimasukkan ke dalam error sehingga model ini juga disebut sebagai model komponen error atau error component model. Penggunaan model ini akan mengurangi pemakaian derajat kebebasan (degree of freedom) dan tidak akan mengurangi jumlahnya seperti pada model fixed effect. Pemilihan model regresi data diawali dengan uji Chow untuk menentukan model atau teknik analisa data panel antara pendekatan common effect dan pendekatan efek tetap atau fixed effect. Jika kita menggunakan Fixed Effects melalui teknik LSDV, akan menunjukkan ketidakpastian model yang digunakan. Model random effect berguna untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara menggunakan variable residual. Persamaan model random effect menurut Gujarati (2012) adalah sebagai berikut :

Dimana wit terdiri dari dua komponen yaitu ei (residual cross section) dan m (residual gabungan time series dan cross section). Model ini disebut juga Error Components Model (ECM) karena residual terdiri atas dua (2) komponen.

Random effect disebabkan variasi dalam nilai dan arah hubungan antar subjek diasumsikan random yang di spesifikasikan dalam bentuk residual (Kuncoro, 2012). Model ini mengestimasi data panel yang variabel residual diduga memiliki hubungan antar waktu dan antar subjek. Menurut Widarjono (2009) model random effect digunakan untuk mengatasi kelemahan model fixed effect yang menggunakan variabel dummy. Metode analisis data panel dengan model random effect harus memenuhi persyaratan yaitu jumlah cross section harus lebih besar daripada jumlah variabel penelitian. Model ini disebut juga Error Components Model (ECM) karena residual terdiri atas dua komponen.

Referensi:

  • Gujarati, D.N.,2012, Dasar-dasar Ekonometrika, Terjemahan Mangunsong, R.C.,. Salemba Empat, buku 2, Edisi 5, Jakarta.
  • Widarjono, Agus. 2009. Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya, Edisi Ketiga. Yogyakarta: Ekonesia.

Image Sources: Google Images