Dalam mendukung catur darma perguruan tinggi, salah satu aktivitas yang dilakukan dosen adalah melakukan penelitian. Untuk itu Bapak Bambang Leo Handoko, dosen program studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Komunikasi Universitas Bina Nusantara membuat penelitian dan mempresentasikannya dalam International Conference on E-Business and E-Commerce Engineering (EBEE 2020). EBEE tersebut diselenggarakan secara online dari Bangkok Thailand pada tanggal 18 – 20 Desember 2020.

Pada international conference tersebut, Bapak Bambang membawakan paper yang berjudul Using Mixed Reality to Provide Experience for Internship Students in The Field of Auditing Studies during Covid 19. Paper tersebut berupa penelitian kualitatif yang menjelaskan tentang bagaimana mixed reality (gabungan virtual reality dan augmented reality) dapat memberikan solusi pengalaman magang secara virtual dan augmented kepada para mahasiswa peminatan Auditing selama masa pandemic Covid 19. Pada saat pandemic Covid ini banyak diberlakukan peraturan seperti social distancing yang membatasi auditor untuk berinteraksi dengan klien, selain itu banyak kantor akuntan publik yang mengurangi jumlah penerimaan mahasiswa magang (internship), sehingga diperlukan solusi magang secara virtual agar mahasiswa peminatan audit tetap mendapatkan pengalaman magang dan kerja praktik.

International Conference tersebut dihadiri para pemakalah dari berbagai belahan dunia, seperti dari Amerika Serikat, Inggris, Belanda, China, Australia, Jepang, Thailand, Israel, Scotland, dan juga negara – negara lainnya. Dalam international conference tersebut, Bapak Bambang juga mengikutsertakan ketiga mahasiswa bimbingan track researchnya, yaitu: William Suryadharma, Shania Arlin Wijaya, dan Reyner Leonardo Tjandra untuk juga mempresentasikan paper penelitiannya masing – masing.

Bertindak sebagai keynote speech dalam international conference tersebut adalah Prof Shuanghua Yang dari Southern University of Science and Technology China, Prof Lili yang dari Loughborough University, Uk, kemudian Assoc Prof George Shan dari The University of Western Australia, selain itu juga dua orang invited speaker yaitu: Assoc Prof Koen Smit dari HU University of Applied Science, Belanda dan juga Bapak Bambang Leo Handoko sendiri.

Diharapkan dengan Bapak Bambang dan ketiga mahasiswanya mempresentasikan paper – paper penelitian di international conference ini dapat meningkatkan animo civitas akademik di program studi Akuntansi dalam bidang penelitian.

BLH