Siapkan Dirimu untuk Interview Online!

Oleh: Setiani Putri Hendratno

Saat masa pandemic begini, sudah menjadi hal yang wajar bahwa semua orang menggunakan fasilitas internet untuk saling bertemu secara virtual dan biasanya bukan hanya digunakan untuk bertegur sapa, namun juga untuk kegiatan operasional perusahaan lainnya, misalnya interview. Sudah menjadi hal yang biasa untuk interview online dengan menggunakan aplikasi seperti zoom, ms. Teams, atau google meet. Berikut ini disimak jika kalian mau melakukan interview online ya!

  1. Pastikan tidak bentrok dengan jadwal kuliah ViCon atau tidak bentrok pada periode ujian.
  2. Pastikan koneksi lancar, jangan sampai bisa menghambat interview kamu. Tidak maukan kamu tidak bisa bekerja di perusahaan impian kamu dikarenakan internet kamu yang lemot dan pada saat kamu diberikan pertanyaan, kamu tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut karena koneksi terputus.
  3. Pastikan device kamu mumpuni untuk memberikan informasi terkait dengan dirimu. Misalnya dengan menggunakan laptop, kamu bisa share screen juga terkait portofolio kamu dan juga data terkait akademis yang diminta oleh perusahaan.
  4. Pastikan webcam kamu menyala dengan benar dan juga clear. Kamu tidak mau kan wajah kamu tidak teridentifikasi karena webcam kamu yang tidak menyala atau blur.
  5. Pastikan kamu berada pada latar yang netral, misal putih, atau background yang tidak terlalu ramai dan tidak menampilkan latar rumah kamu.
  6. Pastikan tidak ada noise yang muncul pada saat kamu sedang diinterview. Tidak ada salahnya menginformasikan kepada keluarga jika kamu ada jadwal interview.
  7. Pastikan mengucapan salam formal dengan benar, bukan dengan menggunakan salam informal kepada pewawancara.
  8. Pastikan berbicara dengan bahasa baik dan sopan kepada pewawancara. Jangan pernah langsung menyebut nama atau panggilan lainnya sebelum memang dipersilahkan. Biasakan menyebut Ibu/Bapak pada saat pertama bertemu.

Bagaimana? Sudah masukkan hal-hal di atas di dalam checklist kamu?

Good luck bagi kamu yang mau diwawancara!